Tips membuat Password yang Kuat

Posted on
Tips membuat Password yang Kuat
Tips membuat Password yang Kuat

Content.id – Tips membuat Password yang Kuat. Banyak ancaman yang terjadi di dunia internet. Salah satunya adalah pencurian data dengan menggunakan password. Password disini tidak hanya password email, bisa juga password ibanking dan lain sebagainya. Lalu bagaimana cara mengamankan password anda dari ancaman pencurian data. Ikuti tips membuat password yang kuat dari content.id ini.

Jangan gunakan password yang sama untuk akun yang berbeda.

Anda tentu memiliki banyak akun di dunia maya. Baik itu akun facebook, twitter, email, dan lain sebagainya. Untuk mengamankan akun anda jangan menggunakan password yang sama untuk berbagai akun yang anda miliki. Agar supaya berbagai informasi dan data penting Anda terlindungi, adalah amat penting bagi Anda untuk menggunakan berbagai password yang berbeda untuk berbagai account online yang Anda miliki (account Facebook Anda, email, account bank Anda, dll).  Password yang anda gunakan harus sama kuatnya dan susah di tebak. Mungkin anda menganggap akun bank lebih penting dari akun-akun lainnya. Semua akun yang anda miliki itu penting!

Akun-akun yang anda miliki, memuat berbagai informasi penting yang mungkin saja dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Bisa saja misalnya akun facebook anda digunakan untuk melakukan kejahatan. Atau yang lagi marak saat ini mengunggah content hoax yang bisa dijerat pidana. Jadi gunakanlah password yang berbeda untuk akun-akun yang anda miliki. Disamping itu kekuatan password juga menjadi hal penting agar password anda tidak mudah ditebak oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Jangan gunakan password seperti ini:

Kecenderungan seseorang menggunakan password yang mudah diingat juga terkadang menjadi bumerang bagi anda. Kata yang gampang akan memudahkan seseorang menebak password yang anda miliki. Hindari menggunakan password dibawah ini. Karena password ini merupakan password umum yang digunakan untuk menebak password anda.

  1. password
  2. 123456
  3. 12345678
  4. abc123
  5. qwerty
  6. monkey
  7. letmein
  8. dragon
  9. 111111
  10. baseball

Jika anda menggunakan salah satu bentuk umum dari password seperti diatas content.id sarankan untuk segera merubahnya. Hindari juga menggunakan password dengan menggunakan informasi pribadi seperti tanggal lahir, kota kelahiran, nama pacar, nama istri, nama orang tua, band favorit, binatang kesayangan ataupun kata-kata sejenisnya.

Rahasiakan dan amankan password Anda.

Jangan berikan informasi password anda kepada siapapun. Jangan dicatat di tempat-tempat terbuka yang mudah dilihat orang ataupun mudah ditemukan orang. Simpan password anda di benak anda. Atau bisa juga menggunakan bantuan software pengingat password untuk menyimpan seluruh password anda secara online.

Anda bisa menggunakan pihak ketiga untuk menyimpan password anda. Anda cukup menggunakan 1 password untuk login ke pihak ketiga untuk manajemen password yang anda miliki untuk akun-akun anda.

Syarat Password yang kuat

Untuk membuat password baru yang kuat disarankan untuk menggunakan 4 hal berikut:

  1. Password harus mengandung HURUF BESAR (A, B, C)
  2. Password harus mengandung huruf kecil (a, b, c)
  3. Password harus mengandung angka (0, 1, 2, 3, …, 9)
  4. Password harus mengandung karakter unik yang ada di keyboard (~ ! @ # $ % ^ & * ( ) _ – + = { } [ ] | : ; ” ‘ < > , . ? /)

Sebagai contoh, password Anda mungkin akan berbentuk demikian:

Cont3nt.id# (memiliki 1 hurub besar angka dan 2 karakter unik yaitu titik dan #)

Password yang semacam ini akan menyulitkan hacker dan software-software brute force untuk menebak password anda.

TIPS MEMPERKUAT PASSWORD ANDA LAINNYA

Selain panduan untuk membuat password yang kuat diatas, berikut Dewaweb berikan beberapa tips lainnya untuk membuat password Anda lebih kuat lagi:

  • Password Anda dibaca terbalik (beruang Anda buat menjadi gnaureb)
  • Gantikan simbol dengan angka (misalnya “3” anda gantikan dengan “E” atau sebaliknya)
  • Panjang password Anda antara 6 hingga 12 karakter
  • Gunakan akronim (singkatan) untuk informasi yang mudah untuk Anda ingat (misalnya Anda mau mengingat “Saya sekolah di Kalam Kudus di tahun 1995”.  Maka password yang mungkin Anda buat adalah “SKulK4dus95”)
  • Jangan pernah gunakan ulang password yang sudah pernah Anda pakai sebelumnya
  • Jika sebuah situs menawarkan untuk menggunakan keamanan/sekuriti 2 tahap, gunakan itu (misalnya menggunakan password dan no PIN)

Sekian tips dan panduan untuk membuat password yang kuat dari Dewaweb, kami berharap artikel ini berguna bagi siapapun yang membacanya.

Content.id
Content.id