Seberapa bahayanya Virus Corona COVID-19 ini?

Posted on

Seperti penyakit pernapasan lainnya, Virus Corona COVID-19 dapat menyebabkan gejala ringan termasuk pilek, sakit tenggorokan, batuk, dan demam. Sekitar 80% kasus dapat pulih tanpa perlu perawatan khusus. Sekitar 1 dari setiap 6 orang mungkin akan menderita sakit yang parah, seperti disertai pneumonia atau kesulitan bernafas, yang biasanya muncul secara bertahap.

Walaupun angka kematian penyakit Virus Corona COVID-19 ini masih rendah (sekitar 3%), namun bagi orang yang berusia lanjut, dan orang-orang dengan kondisi medis yang sudah ada sebelumnya (seperti diabetes, tekanan darah tinggi dan penyakit jantung), mereka biasanya lebih rentan untuk menjadi sakit parah. Melihat perkembangan hingga saat ini, lebih dari 50% kasus konfirmasi telah dinyatakan membaik, dan angka kesembuhan akan terus meningkat.

12 Pasien Terduga Virus Corona Diobservasi di Bali, Mayoritas WNA

Dinas Kesehatan Provinsi Bali masih mengawasi 12 pasien yang diduga terinfeksi virus corona Covid-19.  Sebanyak 12 pasien itu tersebar di sejumlah rumah sakit di Bali. Sebagian besar di antara mereka merupakan warga asing.

“Kemarin memang diumumkan 8 orang masih dalam pengawasan, tapi kemarin sore ada tambahan lagi empat orang,” kata Kadis Kesehatan Provinsi Bali Ketut Suarjaya, Kamis (5/3/2020).

Sebanyak enam pasien diobservasi di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Sanglah Denpasar, tiga orang di RS Sanjiwani, satu orang di RS Tabanan, satu orang di RS Mangusadha, dan satu orang di RS Siloam Badung.

Dari 12 pasien itu, 10 di antaranya merupakan warga negara asing. Suarjaya memerinci, lima warga negara Denmark, dua warga negara Slovakia, satu warga negara Rusia, satu warga negara Jepang, dan satu warga negara Inggris.

Hanya dua warga negara Indonesia yang sedang diobservasi. Dinkes Bali masih menunggu hasil uji laboratorium terhadap delapan pasien yang lebih dulu diobservasi. Sementara empat pasien lainnya, sampel darah dan dahak baru dikirimkan Dinkes Bali ke Jakarta.

“Untuk delapan orang rencananya hasil uji labnya hari ini, masih menunggu mungkin nanti sore, sedangkan empat karena baru masuk jadi sampelnya baru dikirim,” jelas Suarjaya.

Sebelumnya diberitakan, Dinas Kesehatan Provinsi Bali mengawasi 35 orang pasien diduga terinfeksi virus corona. Sebanyak 23 pasien telah dinyatakan negatif. Pasien itu telah diizinkan pulang setelah menjalani observasi di rumah sakit. *Kompas