Home HowTo Rahasia Menjaga Laptop Tetap Awet, Berikut Tipsnya!

Rahasia Menjaga Laptop Tetap Awet, Berikut Tipsnya!

23
0
Rahasia Menjaga Laptop Tetap Awet, Berikut Tipsnya
Sumber: Unsplash.com/ Anete Lusina

Content IDRahasia Menjaga Laptop Tetap Awet, Berikut Tipsnya! Siapa di sini yang sering mengeluhkan tentang menurunnya performa laptop? Tahukah kamu, bisa jadi penyebab terbesarnya mungkin berasal dari dirimu sendiri. Tepatnya kamu mungkin sering meremehkan hal-hal kecil yang justru dapat merusak laptop.

Laptop menjadi barang penting bagi setiap orang, terutama selama pandemi. Keterbatasan akses dan fitur di smartphone sering kali membuat kita kurang leluasa dalam bekerja, makanya laptop menjadi pilihan terbaik.

Untuk membuat laptop tetap awet, kamu tentu harus tahu kesalahan apa saja yang dapat membuat performa laptop menurun. Sehingga dapat mengantisipasinya mulai sekarang. Lalu, bagaimana cara merawat laptop supaya tetap awet? Simak penjelasannya berikut ini.

1Jangan Menaruh Laptop di Kasur

Kebiasaan menaruh laptop di atas kasur memang sudah tidak asing. Menggunakan laptop untuk menonton film sambil berbaring di kasur memang nikmat. Namun, dengan berlama-lama di kasur, laptop akan menjadi overheat atau panas berlebihan. Hal itu terjadi karena laptop tidak menerima udara dengan baik saat diletakkan di atas kasur sehingga perangkat mulai memanas.
Kamu masih bisa menonton film di atas kasur dengan meletakkan meja kecil untuk laptopmu. Meja memiliki permukaan datar dan tak menyerap panas, sehingga sirkulasi udara pada laptop tetap terjaga.

2Hindari Meletakkan Barang di Atas Laptop

Meletakkan barang di atas laptop mungkin menjadi hal yang tampak sepele karena menganggap laptop cukup kuat menahannya. Untuk kamu yang sering menaruh barang seperti buku, tumpukan kertas, pulpen, atau bahkan handphone, ketahuilah bahwa terlalu sering menaruh barang di atas laptop dapat merusak laptopmu.

Saat laptop terbuka, bisa jadi barang yang kamu letakkan di atas keyboard dapat membuat beberapa tombol tertekan lalu rusak. Kemudian saat laptop tertutup kamu meletakkan barang seperti buku atau lainnya menumpuk yang bisa membuat bagian layar di dalam laptop cepat rusak. Semua hal kecil tersebut lama kelamaan tentu dapat mencederai laptop hingga akhirnya mengalami kerusakan.

3Rajin Membersihkan Software di Laptop

Sumber: Unsplash.com/ sarayut

Untuk kamu pelajar maupun pekerja, pasti memiliki banyak file di dalam laptop. Usahakan untuk selalu rajin menghapus file yang sudah tidak diperlukan supaya memori laptop tidak penuh dan kecepatannya tetap optimal.

Jangan lupa mengecek ulang apakah file yang kamu hapus sudah hilang atau justru tetap ada di temporary file, tempat di mana file yang terhapus akan dicadangkan. Tak cukup sampai di situ, kamu juga harus membersihkan software dari virus yang mungkin masuk. Biasanya sudah ada aplikasi bawaan di laptop yang berfungsi untuk menjaga software dari serangan virus. Kendati begitu, jika tidak ada, maka kamu bisa berlangganan dari salah satu penyedia.

Beberapa mungkin berbayar, tapi selama data-data dalam laptopmu bisa aman karenanya, hal itu tentu harus dilakukan. Pembersihan software secara berkala dan teratur dapat meningkatkan performa laptop dan pastinya menjaganya tetap awet.

Membersihkan Body Laptop
Bukan hanya software, body laptop juga harus diperhatikan. Debu-debu halus yang sering menempel di layar laptop atau di sela-sela tombol keyboard sering ditemukan. Kamu bisa membersihkannya dengan tisu basah agar debu dapat diseka dengan baik. Jika khawatir tisu basah akan merusak layar laptop, kamu bisa menggunakan tisu kering dan pastikan debu terseka dengan baik.

4Tidak Menggunakan Laptop Saat Pengisian Daya

Bekerja seharian membuat kita mengisi daya laptop setidaknya dua kali dalam sehari. Buat kamu yang tetap mengoperasikan laptop bahkan saat pengisian daya, sebaiknya kamu tidak mengulanginya lagi.

Kebiasaan tersebut dapat mengakibatkan laptop menjadi panas karena proses pengisian daya yang menghasilkan suhu panas akan ditambah dengan laptop yang tetap menyala. Overheat atau suhu panas yang tinggi pada laptop berlangsung untuk waktu yang lama dapat mempercepat umur laptopmu. Kamu tentu tak mau hal itu terjadi kan?

5Mematikan Laptop Dengan Benar

Aturan dasar seperti menunggu proses shutting down saat mematikan laptop nyatanya berpengaruh dalam keawetan laptop, lho. Dilansir dari laman Kapanlagi.com, ketika kamu langsung menutup laptop sebelum proses shutting down begitu saja, akan terjadi beberapa masalah pada laptop seperti kerusakan RAM, hardisk, dan sistem operasi, yaitu pada bagian registry.

Setelah mengetahui langkah apa saja yang harus dilakukan agar tetap awet, apakah kamu menemukan kesalahan yang sering dilakukan selama ini? Ubahlah kebiasaan buruk tersebut mulai dari sekarang, untuk kelancaran pekerjaan di masa mendatang. Selamat mencoba!

Previous articleKimsufi Winter Sale Kimsufi KS-LE Server – Intel Xeon E5-1650v2 $22.99 USD
Next articleFree Credit Balance $40 from Interserver. Make $6 VPS for 6 Months
Content.id adalah media belajar bersama untuk membangun negerisalam https://content.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here