Manfaat Outbound Link untuk Optimalisasi SEO

Posted on
Manfaat Outbound Link untuk Optimalisasi SEO
Manfaat Outbound Link untuk Optimalisasi SEO

Content IDManfaat Outbound Link untuk Optimalisasi SEO. Tahukah anda manfaat dari Outbound link untuk meningkatkan SEO? Pernahkah anda mempertimbangkan mengapa anda perlu mempunyai outbond link yang berkualitas dan bagaimana membuatnya?

1. Apa itu Outbond Link? Apa manfaat outbound link

Outbond link yaitu suatu link yang yang menuju ke domain lain dari situs anda. ketika anda menghubungkan dengan link terkait, hal ini tidak hanya akan membantu search engine memahami niche anda, akan tetapi juga akan meningkatkan kepercayaan dan juga kualitas content dari situs anda yang sangat berperan penting untuk SEO dari blog anda tersebut. (Baca: Ini Cara Mudah Andrew Hidayat Menulis Copywriting)

Outbond link berfungsi untuk:

  • Memberikan gambaran yang jelas kepada search engine tentang blog anda karena adanya link terkait
  • Memberikan satu saran untuk membangu hubungan dengan blogger lain yang memiliki niche yang sama

Sebelum menggambarkan manfaat dari aoutbond link, anda perlu tahu apa itu Google Related Link Operator. Seperti halnya operator lain di Google Search, anda bisa menggunakan operator Google related link untuk melihat link-link apa saja yang berkaitan dengan situs anda menurut pandangan Google. Situs link yang berkaitan yang bagus untuk situs anda akan segera ter-list, mulai dari link yang terkenal bahkan yang sangat penting di Niche anda. Perlu anda ketahui bahwa sebuah komen pun akan dianggap sebagai sebuh link, dan jika terdapat seseorang yang memberikan komen di setiap postingan yang anda posting di blog, ia mungkin akan merasakan keuntungan karena telah menjadi fitur dari situs yang berkaitan.

Anda bisa mencari “related:(nama domain anda).com di Google untuk mencari tahu link situs yang berkaitan.

Sekarang anda telah mempunyai pemahaman dasar mengapa outbond link tersebut sangat penting, mari kita lihat hal-hal yang perlu diperhatikan ketika anda membuat outbond link.

2. Link ke Blog Terkait

Membuat outbond link bukan berarti anda akan harus berhubungan link dari situs-situs yang jelek atau bahkan dilarang. Search engine tetap melacak keberadaan dari outbond-outbond link tersebut sehingga akan membantu anda untuk menghindari link dari situs yang diblokir. Cobalah untuk menghubungkan dengan blog lain yang mempunyai niche yang sama dengan blog anda. anda harus berusaha untuk menghubungkan ke link yang sudah terpercaya untuk menarik pengunjung yang menjadi target dan mempunyai rangking yang bagus di Moz rank.

3. Hindari Link Farm

Hindari back-link dua arah, dan ketika anda menghubungkan dengan domain lain, pastikan bahwa domain tersebut bukan bagian dari jaringan blog privat. Google telah mencatat semua jaringan blog privat tersebut dan mendevaluasi link mereka.

4. Hindari Penggunaan Outbond Link yang terlalu banyak

Memiliki beberapa outbond link memang suatu hal yang wajar, akan tetapi jika terlalu banyak maka hal tersebut akann sangat mengganggu dari sudut pandang pembaca blog anda. cobalah untuk lebih konsentrasi pada link internal dan hubungkan hanya pada website yang berkaitan dengan halaman anda. Juga hal yang perlu dipertimbangkan yaitu pastikan konten anda berguna dan tetap menjaga optimalisasi dari halaman tersebut.

5. Berikan dan mintalah link

Dalam dunia blogging, akan bermanfaat sekali bagi seseorang untuk menggunakan sistem beri-dan-ambil. Jika anda mempunyai sebuah postingan blog yang mana anda mewakili postingan blog dari penulis lain, maka akan lebih baik jika anda memberikan link dari blog orang lain tersebut. hal ini untuk meningkatkan konten dari postingan anda juga sekaligus bisa bertukar link dengan blogger yang lain. Hal ini sangat berguna untuk meningkatkan traffic yang sesuai dengan target bagi kedua blog tersebut

6. Kepada Siapa anda harus link out?

Ada banyak strategi yang bisa digunakan untuk menghubungkan keluar. Ketika anda ingin memberikan sebuah referensi atau penjelasan di postingan anda akan tetapi tidak terlalu yakin kepada siapa anda harus link out (informasi apa yang akan dituju untuk referensi), hubungkan dengan sumber yang bagus seperti Wiki. Saat ini Wikipedia merupakan salah satu domain terpercaya berdasarkan Google POV.

Berikut ini beberapa saran untuk membuat outbond link:

  • Link ke page yang bisa menambah nilai dan mencakup topik dengan baik
  • Link ke artikel yang memiliki page authority atau domain authority yang bagus
  • Link ke artikel yang mendapatkan banya sekali share di media sosial. (tapi harus dipertimbangkan keotentikan dari situs tersebut)
  • Link ke blogger di jaringan atau niche anda, akan membantu anda untuk membuat komunitas dengan sesame blooger

Satu hal yang perlu dilakukan lagi yaitu ketika terdapat istilah tertentu yang tidak dipahami oleh pembaca, maka buatlah satu link yang akan menjelaskan istilah tersebut dari sumbernya. Jangan lupa gunakan hanya sumber yang terpercaya, dan pastikan outbond link tersebut terbuka di tab yang lain untuk mencegah terjadinya Bounce Rate.

Penulis: Andrew Hidayat
Instagram Andrew Hidayat
Pinterest Andrew Hidayat