Home News Kernel Linux 6.0 telah dirilis. Apa yang baru?

Kernel Linux 6.0 telah dirilis. Apa yang baru?

Linus Torvalds, pengembang kernel Linux telah mengumumkan rilis final kernel Linux 6.0, membawa banyak peningkatan dan perbaikan.

13
0
linux-6.0
linux-6.0

Content.id – Kernel Linux 6.0 telah dirilis. Apa yang baru? Linus Torvalds hari ini mengumumkan rilis dan ketersediaan umum Linux 6.0 sebagai seri kernel utama yang menghadirkan fitur-fitur baru, dukungan perangkat keras yang ditingkatkan, serta perbaikan bug dan keamanan.

Setelah dalam pengembangan selama dua bulan, kernel Linux 6.0 akhirnya hadir dan memperkenalkan dukungan untuk arsitektur perangkat keras AArch64 (ARM64) untuk menukar halaman besar yang transparan tanpa memisahkannya, dukungan untuk otentikasi in-band NVMe, dukungan untuk bus PCI di OpenRISC dan Arsitektur LoongArch, penulisan buffer async saat menggunakan XFS dan io_uring, serta dukungan transmisi jaringan zero-copy io_uring.

  • Setelah sekitar dua bulan pengembangan, Linus Torvalds mengumumkan rilis kernel Linux 6.0.
  • Kernel Linux 6.0 hadir dengan berbagai perbaikan; terutama di CPU, virtualisasi, dan sistem file.
  • Kernel Linux 6.0 sekarang tersedia untuk diunduh. Namun, distribusi akan membutuhkan waktu tambahan untuk memperbarui versi kernelnya ke 6.0.

Siklus rilis kernel Linux berlanjut saat 5.19 dirilis hampir tiga bulan yang lalu, dan para pengembang sekarang telah selesai mengerjakan langkah berikutnya: 6.0. Kernel Linux 6.0 sekarang tersedia setelah mendapatkan kandidat rilis terakhirnya minggu lalu. Seperti biasa, Linus Torvalds mengumumkan rilis kernel baru.

Mengapa dinamai Linux kernel 6.0?

Setelah rilis kernel Linux versi 5.19, orang mengharapkan 5.20 sebagai versi berikutnya. Namun, Linus Torvalds, pengembang kernel Linux memutuskan untuk menggunakan 6.0 sebagai nomor versi. Tapi keputusan ini hanya berdasarkan angka; “20” di 5.20 adalah angka yang terlalu besar, jadi Linus mengubah “5” dan menjadi 6.0. Tidak ada yang revolusioner datang dengan kernel Linux 6.0; ini adalah rilis kernel biasa.

Perubahan terkait CPU

Kernel Linux 6.0 memberikan beberapa perbaikan tambahan untuk kerentanan Retbleed. CPU AMD Zen 1, Zen 1+, dan Zen 2+ tidak sepenuhnya diamankan dengan mode IBPB; jadi STIBP sekarang juga tersedia bagi CPU tersebut untuk mengamankan sistem sepenuhnya. Mengikuti perubahan terkait AMD, perusahaan menjatuhkan driver audio, untuk platform dengan nama kode “Pink Sardine”. Ini adalah nama kode yang benar-benar baru; perusahaan juga menggunakan nama ikan lain untuk APU seri Ryzen 5000 dan Ryzen 6000. Platform Sarden Merah Muda didasarkan pada desain “acp6.2”; belum ada informasi lebih lanjut tentangnya.

Selain itu, kernel Linux 6.0 menambahkan dukungan Sensor Fusion Hub 1.1, yang meningkatkan kemampuan sensor laptop berbasis Ryzen. Terakhir, tablet gambar XP-PEN Deco L juga didukung dengan rilis kernel baru. Melihat sisi Intel, kernel Linux sekarang menambahkan dukungan perangkat keras baru ke TCC Cooling Driver: sistem Alder Lake-N dan Raptor Lake-P.

Perubahan tambahan untuk CPU

Ada beberapa perbaikan dalam penjadwal proses juga. Penyeimbangan NUMA untuk sistem AMD berbasis Zen ditingkatkan dan CPU akan lebih efisien saat mencari inti CPU yang menganggur saat sedang dalam beban berat. Patch di penjadwal kernel 6.0 Linux juga menyertakan beberapa fitur penyeimbangan, pengoptimalan, dan perbaikan lainnya.

ACPI (Konfigurasi Lanjutan dan Antarmuka Daya) telah menerima beberapa peningkatan tambahan seperti dukungan untuk prosesor Zhaoxin dan Centaur pada UI kontrol boost driver CPUFreq dan perbaikan untuk masalah dengan status C1 dan C1E Xeon Sapphire Rapids. Arsitektur CPU Cina, loongArch, sekarang mendukung PCI dan dilengkapi dengan stack unwinder, dan dukungan stack trace selain beberapa perubahan dan perbaikan bug lainnya. Selain itu, kernel mengambil beberapa langkah awal untuk dukungan Compute Express Link (CXL); infrastruktur awal untuk penyediaan wilayah CXL mendarat ke kernel Linux 6.0.

Peningkatan virtualisasi

VirtIO, kerangka kerja virtualisasi input/output untuk Linux telah menerima beberapa penyesuaian, perbaikan, dan fitur baru untuk dukungan pengubahan ukuran vq dengan fitur reset vq yang baru. Selain itu, KVM menerima beberapa penyempurnaan dengan virtualisasi Intel IPI dan dukungan AMD x2AVIC, yang meningkatkan batas KVM menjadi 511 dari 255. Virtualisasi IPI dapat menurunkan overhead dengan proses sensitif IPI dan akan tersedia untuk prosesor Intel seri Sapphire Rapids. Prosesor Xeon Ice Lake yang ada juga menerima dukungan virtualisasi PEBS.

Kode arsitektur prosesor RISC-V juga menerima beberapa peningkatan. Ekstensi Svpbmt, yang memberikan dukungan Jenis Memori Berbasis Halaman ditingkatkan. Defconfig telah menerima tweak untuk menjalankan Dockers dan Ubuntu Snaps tanpa masalah dengan konfigurasi default. Ada tiga ekstensi baru untuk RISC-V juga: Zicbom, Zihintpause, dan Sstc. Itu menerima kerangka emulasi instruksi sistem, kerangka emulasi CSR, dan dukungan ekstensi Svpbmt di dalam tamu juga. Terakhir, kernel Linux 6.0 juga menerima fitur baru bernama “guest vCPU stall detector” yang secara berkala memeriksa tamu jika mereka terhenti.

Dukungan driver GPU

Subsistem DRM telah menerima driver GPU open-source Intel Alchemist, AMD RDNA3, dan AMD Instinct MI300 baru. Driver komputasi AMDKFD sekarang memiliki P2P DMA dengan dukungan DMA-BUF, dukungan panggilan ioctl untuk VRAM yang tersedia, dan dukungan profiler HMM juga. Driver Nvidia Nouveau open-source untuk kernel Linux 6.0 menerima dukungan GPU GA103, yang mendukung kartu grafis RTX 3060 Ti.

Perubahan sistem file

Sistem file yang tersedia untuk Linux juga telah menerima beberapa penyesuaian dan NTFS3 saat ini sedang dalam proses refactoring dan mendapatkan beberapa perbaikan bug. Btrfs, di sisi lain, kini memiliki dukungan Send Stream v2 yang memberikan dukungan untuk membaca dan menulis data terkompresi. RAID5 dan RAID6 telah mendapatkan beberapa perbaikan bug dan sysfs dapat menampilkan statistik komit bersama dengan tweak dan perbaikan kecil lainnya. Dengan beberapa perubahan, ini juga melipatgandakan kinerja operasi baca I/O asinkron.

F2FS (Flash Friendly File-System) menerima mode memori rendah yang dapat mengecilkan memori yang disimpan untuk menyediakan ruang tambahan dengan beberapa biaya kinerja serta beberapa peningkatan untuk operasi penulisan atom. Sistem file NFSD juga dilengkapi dengan NFSv4 – Penanganan Server yang Ramah, memungkinkan file klien yang tidak responsif dibuka dan dikunci oleh klien lain. Selain itu, ia menerima beberapa peningkatan skalabilitas caching dan beberapa perbaikan bug untuk beberapa bug korupsi data.

Perubahan lainnya

Di sisi multimedia, API ruang pengguna H.265/HEVC sekarang dinyatakan “stabil” dan siap untuk menggunakan dekoder perangkat keras. PREEMPT_RT, dukungan kernel real-time mendarat di kernel 6.0 juga. Selain itu, pengembang sedang mengerjakan generator nomor acak untuk Linux, memberikan beberapa penyesuaian tambahan untuk bootloader, hypervisor, dan Kexec.

Beberapa fitur/perbaikan baru yang perlu diperhatikan dari kernel Linux 6.0 tercantum di bawah ini:

  • Memori cermin UEFI sekarang didukung pada sistem AArch64
  • Perbaikan dan fitur manajemen memori baru di subsistem kerangka DAMON
  • Dukungan modul keamanan SafeSetID untuk mengontrol perubahan setgroups()
  • ACPI PRM sekarang didukung pada sistem AArch64
  • Parameter baru untuk menetapkan nama host baru: “hostname=”
  • Fitur verifikasi run-time untuk sistem yang kritis terhadap keselamatan
  • Beberapa optimasi jaringan
  • Persiapan WiFi7
  • Unduh kernel Linux 6.0

Kernel Linux 6.0 sekarang tersedia untuk diunduh bagi mereka yang ingin memperbarui sistem berbasis Linux mereka dengan fitur perangkat keras terbaru. Anda dapat mengikuti tautan di bawah ini untuk mengunduh kernel Linux terbaru:

Click here to download Linux kernel 6.0

Dengan rilis kernel Linux 6.0, pekerjaan untuk 6.1 telah dimulai. Dengan pengumuman rilis, Linus Torvalds, pengembang kernel Linux mengatakan;

” Jadi, semoga jelas bagi semua orang, perubahan nomor versi utama lebih tentang saya kehabisan jari tangan dan kaki daripada tentang perubahan mendasar yang besar.

Tapi tentu saja ada banyak variasi perubahan di 6.0 – kami memiliki total lebih dari 15 ribu komit non-gabungan di sana, dan karena itu 6.0 adalah salah satu rilis yang lebih besar setidaknya dalam jumlah komit dalam beberapa saat.

Shortlog perubahan di bawah ini hanya minggu terakhir sejak 6.0-rc7. Sedikit dari segalanya, meskipun diffstat didominasi oleh DRM (kebanyakan dukungan chip baru AMD) dan driver jaringan.

Dan ini jelas berarti besok saya akan membuka jendela gabungan untuk 6.1. Yang -tidak seperti 6.0- memiliki sejumlah hal baru yang cukup inti. Tapi untuk saat ini, tolong berikan versi kernel terbaru ini. ”

FAQ

Apakah legal untuk mengedit kernel Linux?

Ya, mengedit kernel Linux adalah legal karena berada di bawah Lisensi Publik Umum.

Apa kernel Linux terbaru?

Saat ini, versi kernel Linux terbaru adalah 6.0. Versi 6.1 diharapkan pada paruh pertama Desember 2022.

Apakah kernel Linux open source?

Ya, kernel Linux adalah proyek sumber terbuka.

Apakah Linus Torvalds masih berfungsi di Linux?

Ya, Linus Torvalds masih bekerja untuk mengembangkan kernel Linux.

Apa yang ditulis dalam kernel Linux?

Kode kernel Linux ditulis dalam bahasa pemrograman C standar.

Siapa yang mengembangkan kernel Linux?

Linus Torvalds telah mengembangkan dan masih mengembangkan kernel Linux.

Previous articleLinux 6.0 Telah Keluar! Linus Ingin Memelihara Backend Anda
Next articleErling Haaland mencetak gol lagi saat Man City merasa mudah melawan Southampton
Content.id adalah media belajar bersama untuk membangun negerisalam https://content.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here