Kenapa Warna Kulit Bisa Berbeda?

Posted on
Kenapa Warna Kulit Bisa Berbeda
Kenapa Warna Kulit Bisa Berbeda?

Content.idKenapa Warna Kulit Bisa Berbeda? Di dalam jaringan kulit terdapat dasar warna tertentu yang disebut kromogen, yang sebenarnya tidak berwarna. Ketika enzim tertentu bereaksi pada dasar warna ini, dihasilkan warna kulit tertentu. Kulit manusia sendiri berwarna putih krem. Tetapi pada warna ini ada tambahan semburat kuning, karena adanya pigmen kuning dalam kulit. Bahan baku warna lain yang ditemukan dalam kulit adalah hitam, yang disebabkan oleh butir-butir kecil zat yang disebut melanin. Walaupun warnanya cokelat, ketika jumlahnya banyak, akan tampak hitam.

Ada roda lain yang ditambahkan pada kulit oleh warna merah dari darah yang sedang disirkulasikan dalam pembuluh kecil dalam kulit. Warna dari kulit individu tergantung pada perbandingan dari gabungan keempat warna ini. Semua warna kulit dari ras umat manusia dapat diperoleh dengan kombinasi berbeda dari bahan baku dasar ini, yang kita semua miliki.

Pigmen warna kulit manusia memiliki keragaman dari coklat tergelap dampai putih terterang. Pigmentasi kulit seseorang adalah hasil dari genetik, produk dari kedua orangtua biologis seseorang, riasan genetik dan pancaran sinar matahari. Dalam evolusi, pigmentasi kulit pada manusia berubah akibat proses seleksi alam yang utamanya mengatur jumlah radiasi ultraviolet yang mempenetrasi kulit, mengkontrol efek biokimianya.

Catatan fakta

Kulit mengembangkan melanin ekstra ketika kulit terkena cahaya matahari yang kuat. Butir-butir kecil dihasilkan dalam sel-sel kulit dan menyebar untuk menghasilkan warna cokelat karena berjemur, yang membantu melindungi terhadap kerusakan karena matahari. Kulitmu akan terbakar bila kamu berjemur terlalu lama, jadi jangan lupa mengoleskan krim pelindung sengatan cahaya matahari dan lindungi kepalamu.