Kenapa Page Speed Sebuah Website Begitu Penting?

Posted on

Content.idKenapa page speed sebuah website itu penting? Sebelum mengupas masalah ini coba bayangkan anda sebagai visitor dan membuka halaman yang loadingnya lambat. Apa yang akan anda lakukan? Menunggunya? Atau langsung menutup dan mencari query search term terbaru di google?

Pastinya Content.id misalnya sebagai visitor pasti akan langsung menutup browser jika halaman yang diakses bisa memakan waktu lebih dari 15 detik (koneksi 10mbps indihome hanya 375.rb)

Kenapa Page Speed begitu penting?

Seperti yang telah dijelaskan diatas, anda sebagai visitor apa yang anda lakukan jika page speed sebuah website loadingnya lama?

Semua orang tahu bahwa kecepatan loading sebuah website (Site Speed) amat sangat penting. Disamping itu page speed sebuah website merupakan rangking factor (faktor perangkingan google). Efek dari Page Speed sangatlah besar pada sisi user experience yang mengakses website anda. Website yang lambat memiliki index user experience yang rendah.

Berikut statistik antara visitor dan page spead yang loadingnya lambat:

  • 53 % pengunjung akan meningalkan website anda jika memiliki loading lebihi dari 3 detik
  • 1 detik delay dalam loading page speed akan menghasilkan 8% peningkatan bounce rate
  • 1 detik delay dalam loading page speed akan menghasilkan 7% penurunan conversions rate
  • 1 detik delay dalam loading page speed akan menghasilkan 2.1% penurunan penjualan

Jadi Page Speed sebuah website sangat penting bukan. Menurut penjelasan diatas semakin lambat loading sebuah website (Page Speed) akan menurunkan berbagai faktor dalam website tersebut.

Cara Mengetest Page Speed Website

Untuk melakukan testing page speed sebuah website biasanya seorang pemilik website (webmaster) akan melakukan page speed test di beberapa website speed page test yang bisa di gunakan secara gratis di internet.

Lakukan testing secara berkala website yang anda miliki agar tahu dan cepat memperbaiki hal yang harus dirubah di website yang anda miliki.

Website Page Speed Test

Beberapa website page speed test yang biasa digunakan adalah:

1. GTMetrix

GTMetrix untuk melakukan page speed test dan lakukan beberapa rekomendasi yang di haruskan
GTMetrix untuk melakukan page speed test dan lakukan beberapa rekomendasi yang di haruskan

GTMetrix adalah layanan gratis untuk melakukan testing page speed website yang banyak digunakan. Untuk melakukan test

  1. Buka GTMetrix.com
  2. Masukkan url website yang ingin di test
  3. Clik tombol “Analyze” dan tunggu hingga proses selesai.
  4. Lakukan beberapa perbaikan yang di harapkan dengan menekan tombol segitiga.
  5. Lakukan Clear Cache jika anda menggunakan plugin Cache seperti w3 Total Cache
  6. Setelah melakukan perbaikan lakukan test lagi hingga sesuai dengan hasil yang diharapkan.

2. Google Page Speed Insight

Google Page Speed Insight test page speed yang disediakan oleh google
Google Page Speed Insight test page speed yang disediakan oleh google

Page Speed Test ini disediakan oleh google. Anda bisa melakukan test website speed dengan menggunakan google page speed insight. Untuk melakukan test google page speed:

  1. Buka Google Insight
  2. Masukan url Website yang ingin di test
  3. Clik tombol “Analyze” dan tunggu hingga proses selesai.
  4. Perbaikan speed dapat anda lihat di “Optimized Recomendations” untuk melakukan perbaikan.
  5. Lakukan Clear Cache jika anda menggunakan plugin W3 Total Cache
  6. Setelah melakukan perbaikan lakukan test kembali

Tips untuk mengurangi Load Time Page Speed dan Menambah Page Speed

Untuk mengurangi load time yang terjadi akibat berbagai faktor ada beberapa tips yang bisa digunakan untuk mempercepat page speed sebuah website. Beberapa hal tersebut adalah:

1. Gunakan Performance Plugin (Page Caching)

Jika anda menggunakan wordpress sebagai platform ada banyak plugin yang bisa digunakan untuk meningkatkan performa wordpress anda. Beberapa plugin yang banyak digunakan adalah:

WordPress memberikan keleluasaan pada penggunanya untuk menentukan plugin yang cocok dengan dirinya. Saat ini Content.id menggunakan plugin W3 Total Cache untuk masalah performance. W3 Total Cache adalah plugin performance gratis yang bekerja secara powerfull dan memiliki berbagai fitur yang bisa dimanfaatkan.

Baca : WordPress: Cara Install W3 Total Cache Agar Website Anda Kencang
Baca Juga: Cara Setting W3 Total Cache Agar Website Wordpres Anda Kencang Seperti Rocket

W3 Total Cache merupakan salah satu program Cache yang mumpuni tidak yang terbaik tapi perfomancenya bisa meningkatkan kecepatan dan load webserver secara drastis. Walaupun W3 Total Cache gratis, performancenya tidak kalah dengan program sejenis yang berbayar.

Jika anda ingin yang premium dan dukungan support penuh ada baiknya mencoba menggunakan WP Rocket. Dari pengalaman dan review para penggunanya, WP Rocket merupakan the best plugin untuk performance untuk wordpress speed optimazions.

Jika anda pengguna VPS anda bisa menggunakan Compress file pada settingan Apache, gunakan Proxy Cache semacam Varnish dan sejenisnya untuk caching page website.

2. Lakukan Optimasi Gambar (Image Optimazions)

Lakukan optimasi semua gambar yang anda miliki (Image Optimazions). Optimasi gambar bisa mengurangi load time dari page speed website anda. Untuk pengguna wordpress anda bisa menggunakan plugin yang bisa mengkompress image yang anda miliki. Salah satu plugin yang bisa digunakan adalah WP Smush. Plugin ini dapat mengkompress image anda sehingga ukurannya menjadi lebih kecil

Plugin lainnya yang bisa digunakan adalah EWWW Image Optimizer. Cara kerjanya sama seperti WP Semrush yang dapat mengkompress image yang anda miliki.

3. Remove Render Blocking CSS

Umumnya sebuah website bekerja akan meload banyak CSS dan JS dahulu sebelum meload halaman above fold (Halaman yang terlihat pertama kali di layar). Ini berarti website menjadi lebih lambat dikarenakan meload semua file CSS dan JS terlebih dahulu walaupun terkadang file-file tersebut tidak dibutuhkan dan akan dibutuhkan pada saat pengguna menscroll kebawah halaman tersebut.

Untuk mengatasi masalah Render Blocking CSS ini lakukan ini:

  1. Cek hasil page speed insight dan perhatikan pada bagian “Eliminate render-blocking JavaScript and CSS in above-the-fold content“.
  2. List dan data dengan cara copy full path url CSS dan JS yang tertera
  3. Install Autoptimize plugin
  4. Cari halaman setting centang pada optimise HTML, optimise JS dan optimise CSS
  5. Klik pada menu “Show advance setting” diatas
  6. Centang pada “Inline and Defer CSS”
  7. Masukkan list file css ke box.
  8. Klik “Save Change”
Page Speed Insight Eliminate render-blocking JavaScript and CSS in above-the-fold content
Page Speed Insight Eliminate render-blocking JavaScript and CSS in above-the-fold content
Autoptimize inline and defer CSS Setting tambahkan css yang blocking render above-the-fold
Autoptimize inline and defer CSS Setting tambahkan css yang blocking render above-the-fold

4. Combine Google Fonts

Jika themes yang anda gunakan pada website wordpress anda menggunakan google font dan setelah di check page speed insight ternyata melakukan blocking. Harap di cek kembali apakah anda benar-benar membutuhkan google font atau tidak. Jika tidak anda bisa membuangnya. Anda bisa membuang google font atau meng-combine-nya di plugin autoptimize. Pada “Tab Extra” pada bagian google font pilih salah satu remove atau combine. Lalu tekan “Save Changes“.

Autoptimize Extra Setting
Autoptimize Extra Setting

5. Check Webhosting Yang Anda Gunakan

Bagian penting lainnya adalah webhosting (hosting provider). Jika anda ingin mendapatkan Page Speed Test yang memuaskan gunakan hosting dengan server kencang dan menggunakan SSD.

Jika anda ingin Page Speed Test dengan nilai diatas 95/100 gunakan layanan hosting yang bagus, cepat dan hardware terkini. Jangan pernah mencoba menggunakan hosting provider yang memberikan harga murah yang biasanya hosting tersebut oversell (melebihi kapasitas) yang tentu saja akan mempengaruhi performance website anda.

Anda bisa mencarinya di berbagai forum-forum untuk mendapatkan hosting yang bagus. Jangan lupa untuk membaca review yang diberikan oleh penggunanya. Dan tidak lupa untuk memperhitungkan juga faktor lokasi hosting dengan visitor yang anda targetkan. Misalnya anda menargetkan visitor dari Indonesia, gunakanlah hosting yang terletak di Indonesia atau paling tidak terletak di Singapura.

6. Gunakan CDN

Untuk mendapatkan akses yang maksimal pergunakanlah CDN untuk website anda. CDN membantu Visitor anda dalam mengakses website anda menggunakan server CDN terdekat.

Layanan CDN yang bisa anda gunakan adalah Cloudflare (Baca: Cara Daftar dan Setting DNS Cloudflare gratis). Cloudflare merupakan layanan CDN yang dapat membantu website anda. Dan Cloudflare memberikan layanan CDN secara gratis. Anda juga bisa menggunakan layanan CDN Cloudflare premium untuk mendapatkan akses maksimal CDN.

CDN merupakan faktor penting dalam mempercepat loading website anda. Pengunjung (Visitor) website anda akan terlebih dahulu mengakses Cloudflare CDN, jika tidak ada Cache website anda di Cloudflare barulah Cloudflare akan meminta halaman ke webite anda.

Ini akan mempersingkat waktu pengguna anda dalam mengakses Website yang anda miliki.

Download PDF eBook Kenapa Page Speed Sebuah Website Begitu Penting?

Download-on-content.id

Penutup

Semoga tulisan “Kenapa Page Speed Sebuah Website Begitu Penting?” dapat membantu anda dalam mempercepat loading website yang anda miliki. Dengan bertambahnya kecepatan loading page speed, visitor anda akan semakin betah berselancar di halaman website anda. Disamping itu Page Speed sebuah website merupakan salah satu hal penting yang diperhitungkan dalam hal SEO apalagi google. Jika website page speed anda lambat, Google Bot saja malas berkunjung ke website anda apalagi pengunjung yang merupakan manusia dengan berbagai tipikal.

Salam

Recent search terms: