Ini Formasi Penerimaan CPNS 2018 Untuk Berbagai Daerah

Posted on
Ini Formasi Penerimaan CPNS 2018 Untuk Berbagai Daerah
Ini Formasi Penerimaan CPNS 2018 Untuk Berbagai Daerah (Foto: Tempo.com)

Content IDIni Formasi Penerimaan CPNS 2018 Untuk Berbagai Daerah. Pemerintah kembali membuka keran penerimaan CPNS untuk tahun 2018 gelombang ketiga. Perkiraan Pendaftaran CPNS 2018 akan dimulai seminggu setelah pencoblosan pilkada yang berlangsung 27 Juni 2018. Rekrutment Pendaftaran dan Penerimaan CPNS 2018 akan dilakukan maksimal seminggu sampai dengan 2 minggu setelah pesta pencoblosan Pilkad.

Perkiraan Tanggal Pembukaan Penerimaan CPNS 2018 akan dilaksanakan antara 7 Juli 2018 hingga 17 Juli 2018. Jika Pendaftaran CPNS 2018 dilakukan sebelum Pilkada ditakutkan muncul masalah keamanan.

Baca Juga: CPNS 2018 Sudah Dibuka! 19 September 2018 Portal SSCN BKN Siap Diakses Pelamar

Formasi Penerimaan CPNS 2018 untuk berbagai daerah masih sedang di tetapkan oleh Menteri PANRB dan akan diumumkan setelah formasi pendaftaran CPNS yang dibutuhkan oleh beberapa daerah rampung.

Beberapa Formasi yang sedang digodok oleh Menteri PANRB adalah beberapa profesi untuk formasi CPNS 2018 untuk berbagai daerah.

Formasi CPNS pada tahun 2018 akan difokuskan pada jabatan-jabatan teknis dan spesialis guna mendukung pembangunan daerah tertinggal, terluar dan terdepan.

Baca Juga: Cara Mudah Mendaftar SSCN BKN CPNS 2018

Formasi Rekrutmen CPNS 2018 akan diprioritaskan untuk tenaga pendidikan dan kesehatan, tenaga pendukung pembangunan infrastruktur, poros maritim, ketahanan energi, serta ketahanan pangan.

Menurut Kepala Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Bima Haria Wibisana, “Formasi CPNS 2018 harus ditetapkan bulan ini. Mungkin untuk pendaftaran saja bisa di Juni, tetapi tesnya mungkin Juli, setelah Pilkada. Saya berharap setelah Pilkada seleksinya. Karena kalau sebelum Pilkada, nanti muncul masalah keamanan lagi,” kata dia.

Kementerian PAN-RB pun menargetkan jumlah pendaftar Penerimaan CPNS yang diterima 60-70 persen dari total 220 ribu orang pegawai yang akan pensiun tahun ini. Jumlah CPNS yang diterima pun tak akan melebihi jumlah pensiunan.

Baca Juga: Cara Mendaftar Simulasi CAT Online Test CPNS 2018

Badan Kepegawaian Negara (BKN) memberikan trik supaya peserta calon siswa maupun taruna-taruni sekolah kedinasan lolos di tahap Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Para lulusan sekolah kedinasan pemerintah ini bisa berpeluang menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) nantinya.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyebutkan ada sekitar 200 ribu formasi atau kursi dalam lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018 untuk diformasikan ke berbagai daerah. Dengan ratusan ribu lowongan tersebut diperkirakan jumlah pelamar mencapai 3 juta orang.

Baca Juga: Penerimaan CPNS 2018 Dibuka Lagi, Ini Website Tempat Daftarnya

Kepala Hubungan Masyarakat (Humas) BKN Mohammad Ridwan mengatakan, profesi PNS masih menjadi idaman masyarakat. Hal tersebut bisa terlihat dari banyaknya pelamar dalam lowongan CPNS pada 2017 lalu.

Dalam catatan BKN, jumlah pelamar dalam seleksi CPNS gelombang II 2017 mencapai 1.295.925 orang. Padahal, pemerintah hanya membuka formasi CPNS sebanyak 17.928 formasi.

Untuk tahun ini jumlah pelamar CPNS diperkirakan bakal lebih besar dibanding tahun lalu karena formasi yang disediakan pun lebih banyak. Pada 2018 ini, pemerintah menyiapkan kurang lebih 200 ribu kursi CPNS.

,,,

Recent search terms: