Home Marketing Digital Marketing: Terobosan Pemasaran Kontemporer

Digital Marketing: Terobosan Pemasaran Kontemporer

Digital marketing is the use of online channels to promote products and services. It encompasses a wide range of strategies, including social media marketing, search engine optimization (SEO), email marketing, and content marketing. CRM. Digital marketing can be an effective way to reach a large audience and achieve your business goals

85
0
Digital Marketing: Terobosan Pemasaran Kontemporer
Digital Marketing: Terobosan Pemasaran Kontemporer

Di dunia serba modern saat ini, pemilik bisnis dituntut untuk menjalankan strategi pemasaran yang inovatif karena persaingan bisnis semakin ketat terutama di ranah dunia maya. Digital marketing pun menjadi ilmu pemasaran yang sangat relevan untuk dipelajari, dengan memanfaatkan berbagai tools dalam pemasarannya, mulai dari media sosial, iklan digital, hingga software crm.

Namun, apa sebenarnya digital marketing dan bagaimana teknik pemasaran digital dapat membantu para pemilik bisnis untuk melakukan berbagai teknik pemasaran yang inovatif dan efektif? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Pemahaman Dasar Tentang Digital Marketing

Di tengah pesatnya kemajuan teknologi dan perubahan gaya hidup masyarakat, digital marketing di Indonesia berkembang dengan sangat dinamis. Bahkan, digital marketing dianggap sebagai konsep pemasaran barang atau jasa yang lebih relevan diterapkan di kondisi masa kini karena masyarakat modern di Indonesia mengandalkan penggunaan gadget dan internet dalam aktivitas sehari-hari, baik untuk mengakses informasi, belajar, mencari hiburan, hingga berbelanja.

Dengan lebih dari 215 juta pengguna internet di Indonesia berdasarkan hasil survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), potensi digital marketing di negara ini sangatlah besar dan terus bertumbuh, memungkinkan para pemilik bisnis melakukan pemasaran digital untuk menjangkau para konsumen mereka.

Pengertian Digital Marketing

Pengertian digital marketing secara umum merujuk pada strategi penggunaan berbagai platform digital dan teknologi untuk mempromosikan barang dan jasa kepada audiens target dari bisnis tersebut. Platform digital dan teknologi yang umum digunakan dalam marketing digital antara lain internet, smartphone, akun media sosial, mesin pencari, aplikasi messaging, email, dan software CRM, dan berbagai online channel lainnya. Biasanya, para pemilik bisnis atau suatu brand menerapkan kombinasi dari platform digital dalam strategi marketing digital mereka demi memaksimalkan promosi.

Melalui platform-platform tersebut, para pemilik bisnis maupun brand kemudian secara kreatif melakukan berbagai upaya pemasaran digital, mulai dari memasang iklan online di media sosial, memproduksi beragam konten digital di media sosial, mengirimkan email marketing kepada audiens maupun pelanggan tetap, menjaga hubungan dengan pelanggan menggunakan software CRM, hingga melakukan strategi optimasi mesin pencari (SEO) dan media sosial. Segala upaya dilakukan agar para pemilik bisnis maupun brand dapat mencapai tujuan mereka.

Tujuan Digital Marketing

Jika tadi sudah dibahas mengenai potensi digital marketing di Indonesia serta pengertian digital marketing. Di bagian ini, kita sama-sama akan mengenal tujuan penerapan digital marketing.

Dalam penerapan digital marketing, pemilik bisnis pasti memiliki tujuan tertentu yang ingin dicapai. Tujuan utama penerapan digital marketing dalam sebuah bisnis yaitu untuk mempromosikan produk atau layanan menggunakan platform dan teknologi digital. Namun secara spesifik, berikut beberapa tujuan yang ingin dicapai pemilik bisnis dan brand melalui penerapan digital marketing:

  • Meningkatkan brand awareness: Melalui konten digital yang kreatif dan relevan bagi audiens yang dituju, digital marketing membantu pemilik bisnis untuk mengenalkan brand mereka di kalangan audiens yang diinginkan.
  • Meningkatkan jumlah prospek: Melalui berbagai interaksi yang dilakukan audiens di berbagai platform digital milik brand, pemilik bisnis dapat lebih mudah mengumpulkan prospek, yaitu calon pelanggan yang bisa ditindaklanjuti agar dapat menjadi pelanggan.
  • Konversi penjualan: Digital marketing bertujuan untuk mengubah prospek menjadi pelanggan yang aktif melalui berbagai strategi, seperti digital campaign yang menarik dan email marketing terpersonalisasi yang berisi promosi.

Manfaat Digital Marketing

Digital marketing menawarkan beragam manfaat bagi bisnis, antara lain:

  • Jangkauan audiens lebih luas: Karena pemasaran digital memanfaatkan platform digital dan teknologi yang dapat diakses siapapun dan kapanpun selama terkoneksi jaringan internet, pemasaran secara digital sangat membantu pemilik bisnis maupun brand untuk mempromosikan barang dan jasa ke audiens yang lebih luas, yaitu ke negara lain hingga ke daerah pelosok sekalipun.
  • Pemetaan target: Pemasaran digital memungkinkan pemilik bisnis maupun brand melakukan segmentasi audiens yang lebih tepat dan efisien berdasarkan demografi, minat, perilaku, dan lokasi geografis.
  • Hemat biaya: Pemasaran digital dapat dilakukan menggunakan platform-platform gratis sehingga biaya yang dikeluarkan lebih rendah daripada pemasaran konvensional yang terkadang memerlukan dana lebih besar untuk pembuatan billboard, pamflet versi cetak, membuat acara offline dan lain-lain.
  • Kinerja lebih terukur: Karena pemasaran digital memanfaatkan platform digital yang memiliki metrik-metrik yang pasti dalam mengukur kinerja, pemilik bisnis maupun brand dapat melihat sejauh mana keberhasilan strategi digital marketing mereka melalui metrik-metrik tersebut.

Strategi Digital Marketing: Terobosan Pemasaran Kontemporer

Digital marketing merupakan terobosan pemasaran kontemporer yang memberikan kesempatan untuk berinovasi bagi pemilik bisnis dan brand dalam mempromosikan barang dan jasa serta menciptakan pengalaman yang lebih menarik bagi audiens.

Sebenarnya, ada banyak strategi digital marketing yang ada. Namun, berikut beberapa strategi digital marketing yang umum digunakan:

1) Digital Ads

Digital ads, atau iklan digital merupakan strategi promosi dalam digital marketing yang sering digunakan pemilik bisnis dan brand untuk mengiklankan atau mempromosikan barang dan jasa mereka melalui pemanfaatan platform digital. Digital ads merupakan iklan berbayar yang biasanya menggunakan berbagai format seperti gambar, video, atau teks, dan sering ditemukan di situs web, media sosial, aplikasi, dan lainnya. 

Saat ini, para pemilik bisnis dan brand lebih memilih menggunakan digital ads dibandingkan memasang iklan konvensional karena berbagai keunggulan, antara lain:

  • Digital ads dapat menjangkau audiens dengan lebih cepat, luas, dan tertarget, dimanapun audiens berada selama mereka terjangkau jaringan internet.
  • Dengan menggunakan digital ads, pemilik bisnis dapat mengatur penyebaran ads sesuai waktu, lokasi, dan audiens target yang diinginkan dan relevan dengan kebutuhan bisnis, sehingga penggunaan digital ads menjadi efisien, efektif, dan tepat sasaran.
  • Pemilik bisnis dapat berkreasi dengan jenis digital ads yang ingin digunakan. Misalnya saja, mereka dapat memasang digitals ads di Facebook dan Instagram, sekaligus melakukan paid partnership dengan influencer untuk meningkatkan brand awareness mengenai suatu produk skincare yang baru diluncurkan.

2) SEO (Search Engine Optimization)

SEO (Search Engine Optimization) merupakan serangkaian langkah optimasi yang dilakukan untuk membuat website sebuah bisnis muncul di halaman teratas hasil pencarian mesin pencari, seperti Google atau Bing. Dengan strategi SEO yang baik, website tersebut dapat terlihat di halaman teratas mesin pencari sehingga memperoleh jumlah kunjungan ke website secara organik tanpa perlu membayar untuk iklan.

Dalam digital marketing, SEO kerap disebut dengan strategi yang evergreen atau everlasting karena fokus menghadirkan menyediakan konten-konten yang berkualitas, khususnya dalam format tulisan dengan menggunakan kata-kata kunci (keywords), yang akan selalu dicari oleh pengguna.

Ada beberapa jenis SEO yang umum diterapkan:

  • On-page SEO: Optimasi konten di dalam website.
  • Off-page SEO: Membangun reputasi website melalui backlink dari situs lain.
  • Technical SEO: Memastikan website mudah di-crawl dan terindeks oleh mesin pencari.
  • Local SEO: Fokus pada optimasi pencarian lokal untuk bisnis dengan target pasar area tertentu.

3) CRM

Customer Relation Management atau yang sering disebut CRM, merupakan salah satu strategi yang semakin sering digunakan dalam digital marketing. CRM adalah strategi digital marketing yang berfokus mengelola dan memperkuat hubungan dengan pelanggan melalui pemanfaatan platform digital dan teknologi.

CRM penting dilakukan dalam strategi pemasaran kontemporer karena tingkat keberhasilan sebuah bisnis untuk menjalin relasi yang baik dengan pelanggan berbanding lurus dengan loyalitas pelanggan terhadap bisnis tersebut. Dalam penerapannya, CRM memanfaatkan tools seperti software CRM, media sosial, dan aplikasi messaging untuk berinteraksi dengan pelanggan dan memberikan layanan secara real-time, cepat dan efisien.

Itulah penjelasan mengenai digital marketing serta beberapa strategi digital marketing yang digunakan dalam pemasaran kontemporer. Dengan memanfaatkan berbagai platform dan teknologi digital, pemilik bisnis dan brand dapat meningkatkan brand awareness, meningkatkan jumlah prospek, serta mengubah prospek menjadi pelanggan yang berpengaruh pada peningkatan penjualan.