
Content.id – Cara Membuat Email Bisnis Dengan Domain Sendiri di Zoho. Bagi pemilik bisnis online atau blog ataupun web bisnis, ada baiknya menggunakan email dengan menggunakan custom domain untuk email bisnisnya. Memang menggunakan domain gratis seperti Gmail, YMail, Hotmail dan lain sebagainya bisa digunakan. Tetapi untuk lebih kelihatan profesional ada baiknya menggunakan alamat email dengan domain sendiri.
Ada banyak penyedia email dengan custom domain. Biasanya Anda yang membeli hosting disediakan fasilitas email. Tetapi bagi yang tidak memiliki hosting dan hanya punya domain bisa menggunakan GMaildengan harga $5 per user perbulan dengan fitur:
- Business email Gmail
- Video and voice conferencing
- Shared calendars
- Documents, spreadsheets, and presentations
- 30GB cloud storage
- 24/7 support by phone, email, and online
- Security and administration controls
Selain GMail penyedia email bisnis yang gratis adalah Zoho.
Lalu Bagaimana Cara Membuat Email Bisnis dengan Domain Sendiri di Zoho?
Untuk memiliki email bisnis dengan domain sendiri di Zoho bisa ikuti petunjuk berikut.
1. Daftar domain di domain seller kepercayaan anda.
2. Buka website Zoho di sini dan daftar dengan mengklik tombol signup pada pojok kanan atas.
3. Isikan alamat email dan password jangan lupa di centang I Agree the term of Service.
4. Tekan tombol merah dengan tulisan “Sign Up For Free”.

5. Pendaftaran email bisnis berhasil di Zoho dan lakukan verifikasi yang telah dikirimkan ke email yang digunakan untuk mendaftar.

6. Buka email dan klik tombol confirm account


7. Login ke dashboard zoho dengan mengklik “Continue to Sign In”
8. Klik tombol mail.
9. Tambahkan no hp yang bisa menerima SMS lalu klik send code

10. Tunggu SMS dari Zoho Mail dan masukkan kode konfirmasinya.

11. Tambahkan domain dengan memilih “Add your existing domain for Email Hosting with Zoho and create domain-based address.” Masukkan kode captcha lalu tekan proceed.

12. Masukkan nama domain yang ingin dijadikan email bisnis.

13. Verifikasi kepemilikan domain. Karena Content.id menggunakan cloudflare sebagai Name Server maka disini dipilih 1 & 1.

14. Buka Cloudflare untuk menambahkan CName domain yang mengarah ke Zoho

15. Jika sudah ditambahkan kembali ke halaman verifikasi zoho dan klik Proceed to CNAME Verification.
16. Tambahkan alamat email yang ingin digunakan sebagai email bisnis di ZOHO. Klik Create Account. Pada halaman berikutnya klik tombol Proceed to Add User

17. Tambahkan email bisnis lainnya di halaman add user. Misalnya Help @ Contact.id
18. Jika sudah menambahkan email lainnya lalu Klik Back to Setup untuk configurasi mail servernya di domain.
19. Lakukan konfigurasi untuk mail deliverynya. Buka kembali Cloudflare dan isikan sesuai dengan data yang diberikan:
Host Name | Address | Priority |
@ | mx.zoho.com | 10 |
@ | mx2.zoho.com | 20 |
@ | mx3.zoho.com | 50 |

20. Tambahkan SPF dan DKIM pada cloudflare agar email tidak menuju ke spam.
21. Download aplikasi yang disediakan untuk memudahkan dalam mengecek email bisnis anda.
22. Selamat anda sudah memiliki email bisnis dengan email hosting gratis dari zoho.

Demikian Cara Membuat Email Bisnis Dengan Domain Sendiri di Zoho gratis untuk menjalankan bisnis online anda.
