Bagaimana Tulang yang Patah Dapat Sembuh?

Posted on
Jenis tulang yang patah
Jenis tulang yang patah

Memperbaiki tulang yang patah serupa dengan memperbaiki piring yang pecah, kecuali dokter tidak perlu mengoleskan lem. Lem ini dihasilkan oleh sel-sel jaringan penyambung dari tulang itu sendiri. Jaringan tulang mempunyai kemampuan yang mengagumkan untuk membangun ulang diri sendiri. Kalau ada tulang yang patah, tulang dan jaringan lunak di sekitar bagian yang patah terkoyak dan terluka.

Sebagian jaringan yang terluka akan mati. Seluruh bagian tempat ujung tulang dan jaringan lunak terletak diikat menjadi satu oleh darah dan getah bening yang membeku.

Hanya beberapa jam setelah patah, sel-sel jaringan muda mulai tampak—langkah pertama dalam memperbaiki patah tulang. Sel-sel ini memperbanyak diri dengan capat dan terisi dengan kalsium. Dalam waktu 72 sampai 96 jam setelah patah, sel-sel ini membantuk jaringan yang menyatukan ujung-ujung tulang. Lebih banyak kalsium diendapkan dalam jaringan yang baru terbentuk ini, yang akhirnya membantu membentuk tulang keras, berkembang menjadi tulang normal dalam periode beberapa bulan. Gips biasanya dipakai untuk membungkus anggota tubuh yang patah agar tulangnya tidak bergerak dan menjaga tepinya agar dalam posisi yang tepat lurus.

Catatan fakta

Penggunaan secara terus-menerus membantu mempertahankan tulang tetap kuat. Kurang olahraga merupakan salah satu alasan utama mengapa tulang orang berusia lanjut menjadi demikian lemah dan cenderung mudah patah.

Gejala Patah Tulang

Dikutip dari TribunNews, Tanda dan gejala patah tulang dapat bervariasi tergantung pada tulang mana yang terpengaruh,usia pasien dan kesehatan umum,serta tingkat keparahan cedera.Namun,mereka sering menyertakan beberapa hal berikut :

  • Rasa sakit yang luar biasa
  • Pembengkakan
  • Memar
  • Kulit berubah warna di area yang terkena
  • Pasien tidak bisa memberi beban pada area yang terkena
  • Pasien tidak dapat memindahkan area yang terkena
  • Jika patah tulang terbuka,mungkin disertai dengan pendarahan
  • Nyeri di area cedera yang semakin parah ketika area tersebut dipindahkan atau tekanan di terapkan
  • Hilangnya fungsi di area yang terkena
  • Pada fraktur terbuka,adanya infeksi  atau tulang menonjol  keluar

Anda harus segera mendapat perawatan medis untuk fraktur apapun.Alat medis seperti  X-ray dapat  mengetahui apakah tulang Anda patah.Anda mungkin perlu memakai gips atau belat.Kadang-kadang Anda harus operasi untuk memasukan piring,pin atau sekrup untuk menjaga tulang tetap di tempatnya.

Penyebab Patah Tulang

Sebagian besar patah tulang disebabkan oleh jatuh atau kecelakaan mobil yang buruk.Tulang sehat  sangat kuat dan tangguh dan dapat menahan dampak yang sangat kuat.Seiring bertambahnya usia dua faktor membuat risiko patah tulang menjadi lebih besar : Tulang lemah dan risiko terjatuh lebih besar.Anak-anak yang cenderung memiliki gaya hidup  lebih aktif secara fisik daripada orang dewasa,juga rentan terhadap patah tulang.

Orang dengan penyakit dan kondisi yang mendasari yang dapat melemahkan tulang mereka memiliki risiko patah tulang yang lebih tinggi.Contohnya termasuk  osteoporosis,infeksi atau  tumor.Seperti yang disebutkan sebelumnya,jenis fraktur ini dikenal sebagai fraktur patologis.

Tekanan yang berlebihan pada tulang juga dapat menjadi penyebab patah tulang,ini biasanya terjadi pada seorang olahragawan.

Jenis Patah Tulang

Patah Tulang  dapat di definisikan dalam beberapa kelompok utama yaitu yang terdiri  dari Patah Tulang Terbuka  atau  Tulang Tertutup serta Patah Tulang Lengkap atau Patah Tulang  Tidak Lengkap.

Patah Tulang tertutup juga di  sebut fraktur sederhana.Dalam fraktur  tertutup,tulang yang patah  tidak merusak kulit anda.

Fraktur Terbuka juga di  sebut  fraktur kompon.Dalam fraktur  terbuka ,ujung tulang yang patah merobek tulang anda.Ketika tulang dan jaringan internal lainnya  terpapar,itu menempatkan anda pada resiko infeksi yang lebih tinggi

Fraktur Tulang Tidak Lengkap & Lengkap

Dalam fraktur yang  tidak lengkap tulang  anda tidak pecah sepenuhnya.Dalam kata lain ,itu retak tapa melanggar semua jalan. Jenis  fraktur  tidak lengkap meliputi :

  • Fraktur garis lembut,dimana tulang anda patah dalam celah tipis
  • Fraktur greenstick,dimana tulang anda patah di satu  sisi,sementara sisi yang lain di bengkokkan
  • Gesper atau torus, dimana tulang anda  patah pada satu sisi dan tonjolan  timbul di  sisi  yang lainnya.

Dalam fraktur lengkap,tulang anda patah sepenuhnya.Ini tersentak atau hancur menjadi dua atau lebih.Jenis fraktur  lengkap meliputi :

  • Fraktur nbsp; tunggal,dimana tulang anda patah di satu  tempat menjadi dua bagian.
  • Comminuted dimana  tulang anda rusak atau hancur menjadi tiga atau lebih potongan
  • Kompresi ,  dimana  tulang  anda runtuh  di bawah tekanan
  • Fraktur nondisplaced, dimana tulang anda  pecah menjadi bagian-bagian yang tetap berada pada posisi normal mereka
  • Fraktur pengungsi, dimana  tulang anda menjadi  pecah menjadi potongan -potongan yang bergerak keluar  dari keselarasan normal mereka
  • Sagmental , dimana tulang  anda  patah  di  dua  tempat dengan cara yang membuat setidaknya  satu segmen mengambang dan tidak terikat.

Fraktur Inkomplet lebih sering terjadi pada anak-anak.Tulang mereka lebih  lembut  dari orang dewasa.Akibatnya mereka lebih  cenderung membungkuk  dari  pada istirahat.Fraktur lengkap  dapat terjadi  pada segala usia.

Cara Mengobati Patah Tulang Secara Alami

Cara Mengobati Patah Tulang Secara Alami – Sebelum mengetahui cara mengobati patah tulang secara alami,perlu  Anda ketahui patah  tulang bisanya dapat  sembuh  kembali  secara alami  tanpa  pengobatan apapun,hanya saja ini berlaku  pada cedera atau patah tulang yang ringan saja.Nah,untuk obat alami  patah tulang tanpa operasi banyak  tanaman obat alami patah tulang yang bisa Anda gunakan untuk  membatu  menyembuhkan patah tulang.

Salah satu  obat alami patah tulang yang bisa Anda gunakan adalah Daun Komfrey (Symphytum officinale L).Ini adalah obat alami patah tulang yang terkenal sebagai obat patah tulang tradisional.Daun ini juga dikenal sebagai rajutan tulang karena kemampuannya untuk menyembuhkan ketika  digunakan sebagai  obat topikal. Tanaman obat alami patah tulang  ini memiliki kandungan kimia yang disebut  allantonin yang memiliki fitur anti-inflamasi yang luar  biasa.

Menurut para ilmuan daun komfrey mampu mempercepat proses penyembuhan patah tulang lima kali lebih cepat.Untuk menggunakan obat alami patah tulang ini,Anda hanya perlu  mengambil beberapa helai daun  komfrey,kemudian giling hingga halus,setelah itu  letakan hasil gilingan tersebut ke area patah tulang.Bungkus  campuran dan daerah patah tulang menggunakan nylon.

Sumber: ZERO.id

Salam

Recent search terms: