Bagaimana Tips Agar Cepat Hamil?

Posted on
Bagaimana Tips Agar Cepat Hamil?
Bagaimana Tips Agar Cepat Hamil?

Hamil dan memiliki anak itu tujuan dari pasangan yang sudah menikah. Kehamilan merupakan dambaan setiap wanita. Lalu bagaimana tips agar cepat hamil? Tahukah anda bahwa ada tips dan trick agar anda bisa cepat hamil. Berikut tips dan trick agar anda bisa cepat hamil.

1. Mengetahui Masa Subur

Masa subur seorang wanita pada umumnya adalah 12–16 hari sebelum masa haid berikutnya. Dengan kata lain, rata-rata wanita mengalami masa subur di antara hari ke-10 hingga hari ke-17 setelah hari pertama haid terakhir. Masa subur pada umumnya akan meningkat di hari ke 14 setelah hari pertama haid terakhir.

Dengan mengetahui kapan masa subur sedang terjadi, maka Anda dapat kapan waktu berhubungan yang tepat agar kemungkinan untuk hamil menjadi lebih besar.

Anda dapat menghitung masa subur dengan kalkulator masa subur untuk mengetahui tanggal masa subur Anda.

2. Menjaga Pola Hidup Sehat

Jika Anda atau pasangan seorang perokok, sebaiknya segeralah berhenti merokok. Demikian pula dengan kebiasaan minum alkohol, hal tersebut dapat menyebabkan Anda sulit hamil. Mengkonsumsi alkohol dapat mengurangi peluang kehamilan hingga 50%.

Selain itu, pola makan harus dijaga. Konsumsilah makan yang bergizi seimbang agar mendapat kehamilan yang sehat kelak.

3. Menjaga Berat Badan

Berat badan yang berlebih akan menyebabkan Anda sulit hamil. Wanita dengan berat badan normal akan memiliki kesempatan hamil lebih tinggi dibanding wanita obesitas atau berat badan berlebihan.

Tak hanya wanita yang harus menjaga berat badan, namun pria juga harus menjaga berat badan, karena pria yang obesitas cenderung memiliki masalah pada spermanya. Biasanya pria obesitas memiliki jumlah sperma sedikit, kelainan morfologi, dan motilitas lambat.

Maka dari itu disarankan bagi pasangan yang sedang merencanakan kehamilan untuk diet atau tidak makan berlebihan, pola makan diatur, jangan makan sembarangan.

4. Hindari Stress

Stress merupakan penyebab istri sulit hamil, terlebih saat mendekati masa menstruasi, wanita cenderung emosi, stress, mudah marah. Tidak hanya saat sang istri stress, tapi juga saat suami mengalami stress maka alan menghambat kehamilan. Apalagi jika keduanya sibuk oleh pekerjaan dan terlalu memikirkan pekerjaannya, maka hormone stress itu semakin bertambah dan akan sulit hamil. Tubuh secara otomatis memproduksi hormon cortisol saat Anda mengalami stress, hormone cortisol itu sangat tidak baik bagi wanita yang sedang ingin hamil ataupun bagi wanita yang sedang hamil muda.

Stress juga bisa timbul jika Anda merasa terburu-buru untuk segera hamil. Sebenarnya hal itu sangat normal tapi alangkah lebih baiknya untuk menghindari stress saat Anda berhubungan. Ingat, stress akan membuat Anda sulit untuk hamil. Maka jangan terlalu memikirkan sesuatu dengan keras.

5. Pastikan Rahim dan Sperma Subur

Rahim dan sperma memiliki peran penting dalam terjadinya kehamilan, sehingga poin ini menjadi poin penting yang harus Anda perhatikan bila Anda ingin segera hamil.

Dan seperti yang sudah kami uraikan diatas, ada banyak penyebab terjadinya ketidaksuburan pada seorang pria dan wanita. Untuk itu sangat penting memastikan rahim dan sperma dalam keadaan sehat.

Setiap pasangan suami-istri yang ingin hamil harus bekerja sama dan tidak saling menyalahkan satu sama lain dalam hal ini. Keduanya harus sama-sama memastikan kesuburannya masing-masing jika ingin segera mendapatkan momongan.