Bagaimana Susunan Mata Kita?

Posted on
Bagaimana Susunan Mata Kita
Bagaimana Susunan Mata Kita

Content.idBagaimana Susunan Mata Kita? Mata amat menyerupai kamera. Mata mempunyai bukaan, tempat cahaya dapat masuk (pupil), yang besarnya dapat disesuaikan, sebuah lensa yang memfokuskan cahaya untuk membentuk bayangan, dan film yang sensitif (retina) tempat bayangan direkam.

Di dalam mata manusia terdapat sekitar 130.000.000 sel yang sensitif terhadap cahaya. Ketika cahaya jatuh di salah satu sel ini, di situ terjadi perubahan kimiawi. Perubahan ini mengawali impuls dalam serat mata yang mengirimkan pesan melewati saraf optik ke bagian otak kita yang dapat “melihat”. Otak belajar apa arti pesan ini sehingga kita mengetahui dengan pasti apa yang kita lihat.

Mata itu sendiri berbentuk seperti bola dengan sedikit benjolan di bagian depan. Di bagian tengah terdapat lubang yang disebut “pupil”, yang tampak hitam karena membuka ke dalam bagian gelap dalam mata. Cahaya melewati pupil ke lensa. Lensa kemudian memfokuskan cahaya membentuk bayangan di bagian belakang bola mata.

Catatan fakta

Orang dengan penglihatan normal akan mampu melihat ada bentuk-bentuk dalam diagram ini. Mereka yang buta warna hanya akan mampu melihat titik-titik berwarna.

Apa Saja Bagian-Bagian Mata dan Fungsinya?

Dikutip dari Blog.RuangGuru.com. Banyak yang menyangka bahwa bagian-bagian mata hanya terdiri dari bola mata hitam yang dikelilingi cairan putih. Sebetulnya, hal ini tidak begitu salah. Tetapi, apabila kita telisik lebih jauh, ternyata mata merupakan salah satu organ yang sangat kompleks.

Sebagai salah satu dari lima indera kita, mata tentu mempunyai fungsi yang vital bagi kehidupan seseorang. Bayangkan ketika kita tidak dapat melihat sesuatu dengan jelas. Pasti rasanya sungguh pedih. Apalagi kalau kita tidak bisa melihat kode-kode yang dia kasih. Hmmmm.

Organ mata manusia dikategorikan menjadi dua: Organ bagian luar (kelopak mata, alis, dan bulu mata) serta organ bagian dalam.

Tidak seperti organ bagian luar yang cenderung sebagai proteksi, organ dalam mata berfungsi untuk ‘mengolah’ cahaya sampai akhirnya dapat kita ubah menjadi penglihatan. Sedikitnya, ada 17 bagian mata yang berperan penting dalam mekanisme penglihatan:

KORNEA

Kornea merupakan bagian bening yang bersifat tembus pandang dan terletak di lapisan terluar. Kornea berfungsi sebagai tempat masuknya cahaya pertama kali, sebelum akhirnya cahaa dapat masuk ke sel-sel penerima di bagian dalam.

Kalau kita lihat mata seseorang, akan ada bagian bola hitam (pupil) dan bagian yang terlihat berwarna abu-abu, atau cokelat, atau biru, berbeda tergantung faktor genetik seseorang (iris). Nah, kornea ini hanya menutupi bagian pupil dan iris tersebut.

PUPIL

Pupil, yang merupakan bagian lingkaran hitam di bola mata kita, sebenarnya adalah tempat lewatnya cahaya ke dalam mata. Pupil berfungsi untuk mengatur banyak-sedikitnya cahaya yang masuk. Misalnya, ketika kita terpapar banyak cahaya, maka secara otomatis pupil akan mengecil sehingga cahaya yang masuk ke dalam mata tidak terlalu banyak. Begitu pula sebaliknya.

IRIS

Iris merupakan bagian berwarna yang berada di sekitar pupil. Kalau kamu melihat orang yang punya warna mata berbeda (Maksudnya bukan yang punya mata sharingan kayak Sasuke ya. Kalau itu pakai softlens). Nah, iris ini lah yang berperan memberi warna pada mata. Maka dari itu, iris terkadang disebut sebagai “selaput pelangi”.

RETINA (Selaput jala)

Retina adalah lapisan sangat tipis yang peka terhadap cahaya. Posisinya berada di dinding paling dalam yang berfungsi untuk menangkap bayangan benda. Retina ini mempunyai reseptor cahaya yang bernama sel batang (basilus) dan sel kerucut (konus). Sayangnya, bagian belakang retina tidak memilikinya. Alhasil, ketika ada bayangan benda yang jatuh pada titik itu, kita tidak dapat melihatnya. Bagian ini disebut titik buta.

SKLERA (Selaput putih)

Sklera adalah bagian dinding putih mata. Sklera ini berfungsi untuk melindungi struktur mata dan membantu mempertahankan bentuk mata.

LENSA MATA

Lensa mata adalah bagian yang bersifat lunak dan transparan. Posisinya berada di belakang iris. Bagian mata ini berfungsi untuk mengumpulkan dan memfokuskan cahaya agar bayangan suatu benda dapat jatuh di tempat yang tepat.

Uniknya, lensa mata punya kemampuan yang disebut sebagai daya akomodasi.

SARAF OPTIK

Fungsinya untuk meneruskan informasi visual benda yang diterima retina menuju ke otak. Nah, saraf optik ini lah yang membuat kita dapat mengetahui bagaimana bentuk suatu benda yang kita lihat. Oleh karena itu, jika saraf optik ini rusak, maka kita tidak akan bisa melihat.

KOROID

Koroid adalah dinding mata yang berfungsi sebagai penyuplai oksigen dan nutrisi untuk bagian-bagian mata yang lain, khususnya retina. Koroid biasanya berwarna cokelat kehitaman atau hitam. Warna ini bertujuan agar cahaya tidak dipantulkan kembali.

TITIK BUTA

Titik buta adalah bagian yang berfungsi untuk meneruskan dan membelokkan berkas saraf menuju otak. Di bagian mata ini, tidak ada sel-sel yang peka terhadap rangsangan cahaya. Itu artinya, ketika ada bayangan benda yang jatuh ke titik ini, kita tidak akan bisa melihatnya.

Sumber: ZERO.id

Salam