Bagaimana Pengelihatan Saya Berwarna?

Posted on
Bagaimana Pengelihatan Saya Berwarna
Bagaimana Pengelihatan Saya Berwarna

Content.idBagaimana Pengelihatan Saya Berwarna? Retina terdiri dari lapisan sel-sel kecik yang disebut sel-sel batang dan kerucut. Sel-sel ini mengandung substansi berwarna yang bereaksi ketika ada cahaya yang mengenainya, memicu impuls saraf.

Sel-sel batang bentuknya ramping yang bagi kita bertanggung jawab untuk melihat dalam hitam dan putih. Sel-sel ini masih dapat berfungsi saat cahaya redup, melihat segala sesuatu dalam gradasi warna abu-abu.

Sel-sel kerucut memberikan penglihatan berwarna kepada kita. Sel-sel ini mengandung sunstansi berbeda yang sensitif terhadap cahaya yang bereaksi terhadap cahaya merah, kuning-hijau, atau biru-ungu. Bersama-sama dengan bayangan abu-abu yang dihasilkan dari sel-sel batang, sel-sel kerucut memberikan gambar berwarna yang kamu lihat.

Sel-sel kerucut hanya bekerja dalam cahaya yang cerah, itulah sebabnya warna demikian sulit untuk dilihat kalau cahaya redup. Kamu mempunyai 125 juta sel-sel batang dan 7 juta sel-sel kerucut dalam setiap mata.

Catatan fakta

Sel-sel reseptor batang dan kerucut berada di dalam retina. Semuanya berhubungan dengan saraf agar dapat meneruskan informasi ketika sel-sel itu mendeteksi ada cahaya yang mengenainya. Massa sel-sel batang dan kerucut dalam mata kita seperti jaringan kabel listrik yang teratur dan rapi.

5 Tanda Penglihatan Ini Menandakan Kesehatan Tubuh

Dikutip dari Liputan6.com. Penglihatan adalah satu dari lima indera utama manusia. Mata dianggap sebagai salah satu organ yang paling penting untuk menunjang aktivitas harian. Penggunaan perangkat seperti komputer, telepon seluler, dan televisi secara berlebihan dapat menimbulkan stres pada mata. Seiring berjalannya waktu, akan menyebabkan masalah penglihatan.

Tidak hanya berfungsi sebagai indera penglihatan, mata juga bisa mengidentifikasi masalah pada organ lain. Seperti yang dilansir dari laman Step To Health, Kamis, (31/8/2017)

Penglihatan tidak teratur

Mungkin saja tanda ini disebabkan oleh akumulasi stres. Bisa juga karena paparan cahaya perangkat yang terlalu terang, seperti ponsel atau komputer. Namun, penyimpangan dalam penglihatan Anda juga menunjukkan jenis masalah lain yang jauh lebih buruk.

Biasanya penglihatanmu normal, tapi, suatu ketika pandangan ke depan menjadi kabur dan kehilangan penglihatan sementara. Ini adalah indikasi peradangan di mata. Anda dapat kehilangan penglihatan selama beberapa menit. Masalah ini menunjukkan masalah serebrovaskular.

Mata berwarna kuning

Irisan berwarna kuning tidak terlalu umum. Iris adalah bagian mata yang berwarna. Biasanya mereka berwarna coklat. Namun, ketika berbicara tentang tanda-tanda masalah, perhatikan apakah seluruh mata Anda berwarna kuning, termasuk bagian putih mata yang seharusnya sebagian besar putih.

Warna ini menunjukkan adanya penyakit yang berhubungan dengan hati. Ini bisa berarti bahwa hal itu memengaruhi hati, kandung empedu atau saluran empedu. Sebagian besar kasus dapat disebabkan oleh kelebihan bilirubin yang diproduksi oleh hati.

Penglihatan kabur

Sekelompok besar orang cenderung melihat semacam awan di atas penglihatan mereka yang membuat mereka tidak dapat melihat secara normal. Menurut dokter mata, masalah ini memiliki gejala yang umum. Orang yang terkena dampak merasa seperti semacam senapan telah diletakkan di mata mereka.

Hal ini menandakan masalah katarak. Masalah ini muncul teratur pada lanjut usia. Namun, ada juga yang mederita masalah ini di usia muda.

Kelopak mata kendur

Tampilan keriput dan hilangnya nutrisi di kulit sangat umum terjadi pada pasien lanjut usia. Terutama untuk daerah sekitar wajah. Ini karena bertambahnya usia dan kelebihan kotoran dalam tubuh. Umumnya, hilangnya nutrisi menyebabkan kelopak mata kendur. Namun, ini juga muncul saat ada masalah mata.

Penyakit yang disebut ptosis menyebabkan jatuhnya kelopak mata secara tidak teratur. Masalah ini tidak memandang usia, siapapun bisa mengalaminya. Faktor lain yang berpengaruh untuk masalah ini. Misalnya, penyimpangan pada sistem kekebalan tubuh atau tumor otak.

Muncul bintang dalam penglihatan

Masalah ini dapat muncul saat melakukan gerakan cepat, seperti bangkit dari kursi atau tempat tidur dengan cepat. Selain itu, munculnya bintang pada pandangan dan perubahan mendadak dalam sirkulasi menyebabkan Anda merasa pusing dan bingung.

Munculnya bintang pada penglihatan juga dapat terjadi ketika memiliki masalah visual, termasuk masalah seperti glaukoma. Gejala penyakit ini muncul secara tiba-tiba dan tidak dapat diprediksi. Ini menunjukkan pemisahan retina dari sisa mata.

Jika Anda menemukan masalah seperti di atas pada mata, segera temui dokter mata agar mendapatkan penanganan dengan cepat dan mencegah masalah yang tidak diinginkan muncul.

Sumber: ZERO.id

Salam

Recent search terms: