Bagaimana Memori Saya Bekerja?

Posted on
Bagaimana Memori Saya Bekerja
Bagaimana Memori Saya Bekerja

Content.idBagaimana Memori Saya Bekerja? Memori adalah kemampuan untuk menyimpan hal-hal yang kamu alami dan pelajari, siap untuk digunakan di masa depan. Beberapa hal diingat dengan mudah, seperti peristiwa dramatis dalam kehidupan kita. Akan tetapi, hal-hal yang lebih biasa perlu diulang-ulang dalam pikiran selama beberapa kali sebelum “melekat erat”.

Terdapat tiga cara berbeda menyimpan memori. Memori sensori, yang amat singkat, mengatakan kepada kamu apa yang terjadi di seputar kamu dan membuat kamu dapat bergerak tanpa menabrak apa pun. Memori jangka pendek, yang hanya bertahan sekitar 30 detik, dan membuat kamu dapat ingat nomor telepon dan menekan nomornya, tetapi setelah sekitar satu menit memori ini akan hilang. Akhirnya, memori jangka panjang, untuk hal-hal yang kamu ingat-ingat dan pelajari dengan saksama.

Ada banyak klasifikasi ingatan berdasarkan durasi, alam, dan pengambilan sesuatu yang diinginkan. Pada dasarnya ingatan dapat dibagi pada dua kategori yaitu ingatan eksplisit dan implisit.

Ingatan eksplisit

Ingatan eksplisit meliputi pengindraan, semantik, episodik, naratif, dan ingatan otobiografi. Kegunaan dari ingatan eksplisit adalah untuk informasi sosial dan identitas, penggambaran otobiografi, aturan sosial, norma, harapan. Beberapa ciri dari ingatan eksplisit adalah:

  • Berkembang belakangan / bias kortikal
  • Bias hemisfer kiri
  • Hippocampal / dorsal lateral
  • Memiliki konteks atau sumber ingatan yang jelas

Ingatan implisit

Ingatan implisit meliputi penginderaan, emosi, ingatan prosedural, pengkondisian rangsang – respon. Kegunaan dari ingatan implisit adalah tempat skema kelekatan, transference, dan super ego. Beberapa ciri dari ingatan implisit adalah:

  • Berkembang lebih awal / bias subkortikal
  • Bias hemisfer kanan
  • Berpusat pada Amigdala
  • Bebas dari konteks atau tidak memiliki sumber atribusi atau pelabelan

Catatan fakta

Indra penciuman mempunyai pengaruh yang kuat dalam mencari kembali memori. Seiring suatu bau, seperti bau api unggun, dapat dengan tiba-tiba membangkitkan memori dari masa bertahun-tahun yang lalu.