Bagaimana Manusia Bernafas?

Posted on
Bagaimana Manusia Bernafas?
Bagaimana Manusia Bernafas?

Content.idBagaimana Manusia Bernafas? Ketika bernapas kita menark udara masuk lewat hidung dan mulut kemudian masuk ke dalam paru-paru. Udara bergerak melewati tabung yang disebut trakea atau tenggorokan yang bercabang dua menjadi tabung lain yang disebut bronkus, yang masuk ke dalam paru-paru. Dari sini udara melewati serangkaian jalan udara yang lebih kecil dan akhirnya masuk ke dalam kantong udara felsibel yang disebut alveoli. Oksigen diserap melewati dinding tipis dari alveoli ke dalam darah dan karbon dioksida dilepaskan untuk diembuskan keluar sebagai produk sisa.

Paru-paru adalah organ pada sistem pernapasan (respirasi) dan berhubungan dengan sistem peredaran darah (sirkulasi) vertebrata yang bernapas dengan udara.

Fungsinya adalah menukar oksigen dari udara dengan karbon dioksida dari darah. Prosesnya disebut “pernapasan eksternal” atau bernapas. Paru-paru juga mempunyai fungsi nonrespirasi. Istilah kedokteran yang berhubungan dengan paru-paru disebut juga pulmo-, dari kata Latin pulmones untuk paru-paru.

Manusia mempunyai dua paru-paru — paru-paru kanan dan kiri. Keduanya terletak di dalam rongga dada. Paru-paru kanan lebih besar daripada yang kiri, karena paru-paru kiri terletak dekat jantung. Kedua paru-paru beratnya sama-sama sekitar 1,3 kg, tetapi paru-paru kanan lebih berat. Paru-paru termasuk bagian saluran pernapasan bawah yang dimulai di trakea dan bercabang ke dalam bronkus dan bronkiolus. Saluran ini menerima udara yang dihirup melalui zona konduksi. Zona konduksi berakhir di bronkiolus terminal.

Catatan fakta

Merokok merusak mekanisme pembersihan alami dari paru-paru dan juga meracuni sel-sel yang melapisi paru-paru. Perokok tetap sering menderita penyakit paru-paru seperti bronkitis.

Recent search terms: