Bagaimana Kodok Menetaskan Anaknya?

Posted on
Telur Kodok dan cara menetasnya
Telur Kodok dan cara menetasnya

Content.idBagaimana Kodok Menetaskan Anaknya? Sebagian besar amfibi meletakkan telurnya dalam air. Telur kodok disebut spawn. Telur ini dilindungi dari predator (pemangsa) dengan lapisan jeli yang tebal. Di dalamnya kecebong berkembang. Ketika sudah menetas, kecebong dapat berenang, menggunakan ekornya yang panjang, dan bernapas menggunakan insang.

Ketika kecebong berkembang, mula-mula kaki belakang dan kemudian kaki depan mulai tumbuh. Paru-paru berkembang, dan kodok muda mampu untuk mulai bernapas dengan kepalanya di atas permukaan air. Berangsur-angsur ekor menyusut sampai kodok muda menyerupai induknya yang sudah dewasa.

Kodok Sawah

Kodok sawah ialah sejenis katak yang banyak hidup di sawah-sawah, rawa, parit dan selokan, sampai ke rawa-rawa bakau. Nama ilmiahnya Fejervarya cancrivora, dan dalam bahasa Inggris dikenal sebagai marsh frog, rice-field frog atau crab-eating frog; nama yang terakhir diberikan karena kegemaran kodok ini memangsa ketam sawah (Lat. cancer ketam, vorare makan, memangsa).

Orang Jawa menyebutnya sebagai kodok ijo, karena banyak juga di antaranya yang berwarna kehijauan. Nama daerah yang lain di antaranya adalah kodok cina dan bangkong dingdang.

Kodok yang bertubuh kecil sampai agak besar, gempal, dengan kaki yang kuat dan paha yang berotot besar. Hewan jantan dewasa sekitar 60 mm dan betina dewasa sekitar 70-80 mm; namun yang terbesar bisa sampai dengan 120 mm SVL (snout to vent length, dari moncong ke anus). Spesimen yang kecil agak sukar dibedakan dari kodok tegalan (F. limnocharis).

Punggung berwarna lumpur kecoklatan, dengan bercak-bercak gelap tidak simetris. Terkadang terdapat warna hijau lumut terang pada spesimen-spesimen yang besar. Sisi tubuh dan lipatan paha dengan bercak-bercak hitam. Tangan dan kaki kerap bercoreng-coreng. Bibir berbelang hitam.

Terdapat lipatan-lipatan kulit tipis memanjang di atas punggung, serupa jalur bintil atau pematang. Kaki dengan selaput renang yang penuh sampai ke ujung jari, kecuali pada jari kaki keempat. Bintil metatarsal tunggal, terdapat di sisi dalam (pangkal jari pertama) kaki, memanjang bentuknya.

Catatan fakta

Katak pohon hidup dalam hutan hujan di Amerika Selatan dan menggunakan kumpulan air di tengah tanaman tropis tertentu. Walaupun dapat berenang kodok ini menghabiskan sebagian besar hidupnya di luar air, di antara daun pepohonan tempat banyak serangga hinggap, yang merupakan makanannya. Kodok ini mempunyai jari-jari kaki yang lengket sehingga dapat memanjat.

Salam