Bagaimana Kita Merasa Lapar?

Posted on
Bagaimana Kita Merasa Lapar
Bagaimana Kita Merasa Lapar

Ketika kita memerlukan makanan, tubuh kita mulai sangat mengharapkannya. Tetapi bagaimana kita mengetahui bahwa kita merasa “lapar”? Bagaimana pikiran kita menerima pesan dan membuat kita merasa “lapar”? Lapar tidak ada kaitan dengan lambung yang kosong, lapar dimulai ketika material zat makanan tertentu tidak ada dalam darah. Ketika pembuluh darah kekurangan material ini, ada pesan yang dikirimkan ke bagian orak yang disebut pusat lapar. Pusat lapar ini bekerja seperti rem pada lambung dan usus. Sepanjang darah mempunyai makanan yang memadai, pusat lapar memperlambat aktivitas lambung dan usus. Ketika makanan tidak ada dalam darah, pusat lapar membuat lambung dan usus menjadi lebih aktif. Itulah sebabnya orang yang lapar sering mendengan lambungnya berbunyi

Catatan fakta

Tidoid (gondok) adalah kelenjar besar berbentuk seperti kupu-kupu yang terletak di tenggorokan. Hormonnya mempercepat pelepasan energi dari makanan dan membantu mengendalikan metabolisme kita.

9 Alasan Kenapa Kita Selalu Merasa Lapar, Yakin Masih Wajar?

Sumber: https://www.idntimes.com

Apakah kamu sering merasa lapar terus menerus belakangan ini? Padahal kamu sudah makan teratur, rutin sekaligus dengan porsi yang cukup?

Sebenarnya, bukan karena kamu rakus kok! Terkadang, ada penyebab-penyebab lain yang bikin kamu bisa merasa lapar. Wadaww…kalau lapar melulu, bagaimana coba dengan target tubuh ideal? Cari tahu lebih lanjut, ya!

1. Mungkin, kamu mengidap diabetes

Oke, mungkin penyebab satu ini yang paling gak kamu inginkan di antara semuanya. Tetapi ini adalah fakta. Jadi, jika satu bulan belakangan ini kamu selalu merasa selalu lapar, mungkin ada baiknya kamu memeriksakan langsung ke dokter.

2. Tidak puas dengan apa yang kamu makan

Yap! Meski pun sudah makan secara rutin dan teratur setiap harinya, tetapi kamu sebenarnya tidak puas dengan makanan tersebut. Entah itu karena rasa yang tidak enak atau sebab lainnya, rasa lapar pun jadi terus menerus timbul.

3. Mungkin, kamu sedang terkena tiroid

Penyakit tiroid ini biasa dialami para pria. Jika terkena penyakit tiroid, kamu memang cenderung memiliki rasa lapar berlebih dan tak terkontrol.

4. Sedang stres tingkat tinggi

Apakah pekerjaan di kantor sedang menggunung, atau mungkin kamu melewati masa-masa skripsi, ujian sekolah? Untuk beberapa orang, tingkat stres yang tinggi menyebabkan mereka lapar terus dan mulut selalu ingin menguyah sesuatu.

5. Gula darah sedang menurun

Apabila gula darah turun, tubuhmu perlu asupan tambahan untuk menstabilkan kadar gula tersebut. Oleh karena itulah, kamu cenderung ingin makan terus apalagi yang manis-manis.

6. Kurang tidur

Saat kurang tidur, tubuh meminta energi lebih banyak untuk menjalani hari. Tak heran jika seluruh asupan yang sudah kamu konsumsi itu cepat habis, sehingga tubuhmu meminta lagi dan lagi.

7. Mengkonsumsi obat-obatan tertentu

Ada beberapa jenis obat yang bisa membuatmu cepat lapar. Lagi pula, saat kamu sakit, wajar kok kalau kamu harus makan rutin dan makan lebih banyak dari biasanya.

8. Makan terlalu cepat, tanpa dikunyah

Salah satu cara untuk memancing tubuh kita agar cepat kenyang adalah mengunyah lebih lama. Ini akan memberikan sugesti bahwa sebenarnya kamu sudah makan sangat banyak meski sebenarnya belum. Sebaliknya, jika kamu makan sangat cepat, maka signal ke otak adalah kamu makan baru sedikit. Sehingga rasa lapar pun tak kunjung hilang.

9. Sebenarnya, kamu hanya haus!

Nah…coba deh minum seteguk air terlebih dahulu. Jika rasa laparnya sedikit hilang, artinya kamu itu hanya haus saja, bukan lapar, kok! Jadi jangan salah menafsir, ya!

Sekarang, kamu jadi tahu kan, kenapa kok bisa merasa lapar terus menerus? Jika kamu merasa lapar setiap 4–5 jam sekali, hal tersebut wajar. Yang tidak normal adalah ketika kamu lapar setiap jamnya. Yuk, kontrol pola hidup dan juga perhatikan asupan makan milikmu ya!