Bagaimana Cara Mendaftar Kartu Prakerja?

Posted on

Bagi anda yang ingin mendaftar dan mendapatkan kartu Prakerja anda dapat mengunjungin website Kartu Prakerja yang dikeluarkan oleh pemerintah.

Kartu Pra Kerja ini adalah kartu yang diberikan oleh pemerintah yang membutuhkan bantuan biaya pelatihan bagi masyarakat Indonesia yang ingin memiliki, menambah dan meningkatkan keterampilannya sesuai dengan bidang yang diminati. (Baca Apa itu Kartu Prakerja?)

Pemerintah Indonesia mengeluarkan Kartu Prakerja karena percaya bahwa masyarakat Indonesia sesungguhnya ingin selalu meningkatkan kemampuannya agar mudah mendapatkan pekerjaan.

Kartu Prakerja ini didesain oleh Pemerintah sebagai sebuah produk, program yang dikemas sedemikian rupa agar memberikan nilai bagi pengguna sekaligus memberikan nilai bagi sektor swasta.

Dengan bentuk marketplace, Kartu Prakerja ini dibuat secara digital agar memudahkan pengguna pencari kerja mencari, membandingkan, memilih dan memberikan evaluasi tentang perkerjaan yang disediakan.

Karena dengan cara digital ini produk Kartu Prakerja bisa terus diperbaiki dan tumbuh dengan relevan. Kartu Prakerja ini menggandeng pelaku usaha swata. Program Kartu Prakerja ini adalah wujud kerjasama pemerintah dan swasta dalam melayani masyarakat, gotong royong demi mencapai SDM Unggul dan Indonesia Maju.

Kartu Prakerja ini disediakan tidak hanya untuk mereka yang sedang mencari pekerjaan, namun juga buruh, karwayawan dan pegawai yang mungkin sudah memiliki pekerjaan.

Cara Mendaftar Kartu Prakerja

Berikut Infografis cara mendaftar Kartu Prakerja bagi para pencari kerja. (Baca Cara Mendapatkan Kartu Prakerja Bagi yang Belum Bekerja)

Cara Daftar Kartu Prakerja
Cara Daftar Kartu Prakerja

CARA DAFTAR Kartu Prakerja

Pelajari dan ikuti panduan di bawah ini untuk mengikuti program


LANGKAH 1

Daftarkan dirimu

Sebelum daftar, pastikan kamu:

  • WNI
  • Minimal berusia 18 tahun
  • Sedang tidak menempuh pendidikan formal


LANGKAH 2

Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar

Tes ini bertujuan untuk mengenali kompetensi dan potensi yang kamu miliki. Penggunaan alat bantu corat-coret seperti kertas, pensil/pulpen diperbolehkan untuk menyelesaikan soal.

LANGKAH 3

Pilih Pelatihan yang Kamu Inginkan

Pastikan kamu mengikuti dan menyelesaikan semua kelas pelatihan yang kamu pilih.

Tunggu Apalagi?

Belajar gratis, dapat insentif pula. Dengan Kartu Prakerja, raih masa depan lebih cerah!