Apa Sih Blog Itu?

Posted on
Apa Sih Blog Itu?
Apa Sih Blog Itu?

Content IDApa Sih Blog Itu? Kata blog hampir setiap hari kita dengar. Blog adalah salah satu media  yang dapat dijadikan sebagai wadah untuk menerbitkan berbagai macam tulisan secara online. Jika anda senang menulis, Blog adalah salah satu cara untuk menyalurkan hobi menulis anda.

Sejarah Blog

Secara umum blog yang pertama kali dikenal orang adalah Links.net, dibuat oleh Justin Hall, ketika dia sedang kuliah di Swarthmore College tahun 1994. Tentu saja pada saat itu kita tidak menyebutnya sebagai blog, dan hanya diperkenalkan sebagai personal homepage

Kata weblog pertama kali dikenal pada tahun 1997. Kata weblog dikaitkan dengan Jorn Barger dengan blog awalnya Robot Wisdom. Kata weblog diciptakan untuk merefleksikan proses “logging the web” seperti saat ia berselancar.

Kata Weblog dipersingkat menjadi “blog” pada tahun 1999 oleh seorang programer Peter Merholz. 5 tahun kemudian, Merriam-Webster mendeklarasikan kata “Blog” menjadi kata dari kata tahun itu.

Fungsi dan Manfaat Blog

Fungsi dari sebuah blog adalah:

1. Bebagi pengalaman atau pengetahuan

Fungsi blog yang satu ini lebih ditekankan kepada keseharian pemilik blog itu sendiri, seperti pengalaman hidup, curahan hati, dan semata-mata hanya untuk kepentingan diri saja dan bersifat pribadi. Biasanya blog yang seperti ini hanya diperlihatkan kepada sebagian orang saja, seperti teman-teman, keluarga, rekan kerja, ataupun kerabat.

2. Melatih Keterampilan Menulis

Aktivitas dalam dunia blogging tidak lain yaitu menulis. Melalui blog, kita bisa melatih keterampilan kita dalam menulis suatu topik yang memang disenangi. Manfaat ini banyak dirasakan oleh para blogger. Mereka selalu menulis artikel atau jenis tulisan lainnya dan diterbitkan dalam blog pribadinya. Bertambah hari, bertambah bulan dan bertambah tahun, keterampilan menulisnya semakin membaik. Hingga akhirnya disebut sebagai blogger yang sukses

3. Mancari Uang secara Online

Blog bisnis merupakan blog yang dipergunakan untuk melakukan berbagai aktivitas atau kegiatan usaha seseorang, seperti usaha berdagang dengan menawarkan produk-produknya melalui blog. Dan ada juga yang menawarkan jasa, toko online, jual beli, dan masih banyak lagi blog usaha yang lainnya.

4. Membangun Relasi atau Jaringan dan Kepercayaan

Blog ada juga yang berguna sebagai sarana berbagi ilmu dan informasi kepada umum. Jenis blog seperti ini sangat bagus karena lebih mengutamakan kepentingan para pembacanya. Misalnya, sobat memiliki pengetahuan lebih tentang Android, maka tidak ada salahnya sobat berbagi ilmu, tips, maupun trik yang dapat dipublikasikan melalui sebuah blog.

5. Mempromosikan dan Menjual Produk

Jenis blog ini lebih diperuntukkan kepada pemilik blog yang ingin mengedarkan barang, jasa, maupun produk orang lain dalam blog kita dengan maksud dan tujuan untuk mendapat upah dari orang yang sudah kita promosikan.

Jenis-Jenis Blog

1. Blog Pribadi

Blog pribadi adalah blog yang dibuat oleh seseorang yang tujuannya hanya untuk mengarsip pengalaman pribadinya dan ingin berbagi pengalaman dan pengetahuan yang di milikinya untuk pembaca.

Pada blog pribadi biasanya sering kita temukan karya-karya dari si pemilik blog. Seperti puisi, lagu-lagu, gagasan, cerita kehidupan dan lain sebagainya.

2. Blog Bertopik Khusus (Otoritas)

Jenis blog yang kedua yaitu blog yang memiliki topik khusus. Pada blog ini akan kita temukan tulisan yang fokus membahas topik tertentu. Seperti blog yang hanya membahas seputar kesehatan saja atau kuliner saja dan lain sebagainya.

3. Blog Promosi

Jenis blog yang ke tiga adalah blog promosi. Blog promosi memiliki tujuan untuk mempromosikan sesuatu. Blog ini hanya ditujukan untuk melakukan promosi saja. Bisa mempromosikan suatu produk, barang atau jasa.

Misalnya untuk mempromosikan usaha di dunia nyata seperti rental mobil.

4. Blog Niche

Blog niche dibuat menggunakan keyword tertentu dan menarget pembaca yang datang dari search engine seperti google. Pembuat blog ini menargetkan kata kunci tertentu. Tujuan dari blog ini adalah untuk mendapatkan pengunjung yang banyak dengan memanfaatkan mesin pencari seperti google.

Contoh blog ini misalnya blog dengan menargetkan kata kunci atau keyword “Cara Membuat Blog”

5. Blog Virus

Blog virus biasanya tujuannya adalah menyebarkan virus. Blog ini merupakan blog yang sangat menggangu para pembaca. Terkadang jika kita mengakses blog ini akan terjangkiti virus pada komputer yang digunakan.

6. Blog Spam

Blog spam adalah blog yang isinya tidak sesuai dengan apa yang ingin dicari oleh pembaca. Disebut spam karena isi dari blognya tidak jelas. Pengunjung hanya d