8 Gejala Kanker yang Harus Diwaspadai

Posted on
8 Gejala Kanker yang Harus Diwaspadai
8 Gejala Kanker yang Harus Diwaspadai

Content.id8 Gejala Kanker yang Harus Diwaspadai. Ketika anda mengalami kesakitan tertentu atau masalah kesehatan, bisa jadi memang itu suatu hal yang tak perlu ditindak serius. Faktanya, dalam penelitian terbaru, beberapa gejala yang mungkin tak pernah kita bayangkan sebelumnya, justru menjadi gejala kanker.

Dalam sebuah survei terhadap 1.729 orang tua di atas 50 tahun di Inggris, responden mengevaluasi bagaimana seriusnya 10 dari 17 daftar penyakit, yang sebetulnya merupakan tanda penyakit ganas kanker.

Peneliti Senior dari University College London Katriina Whitaker mengatakan, banyak orang yang tidak menyadari beberapa gejala kanker itu dengan serius, dan tetiba kanker pun menyerang dengan ganasnya.

Berikut ini content.id kutip dari fakta.co.id beberapa gejala yang perlu anda waspadai dan jika anda mengalami salah satu dari tanda ini, segeralah berkonsultasi pada dokter anda.

Benjolan di bagian tubuh tertentu

Tentunya, benjolan di area tubuh tertentu adalah gejala yang paling jelas terlihat. Awalnya, benjolan kecil yang berubah jadi tumor, jika tidak segera ditangani lama kelamaan menjadi kanker ganas. Dalam sebuah sruvei, 7,5 persen orang melaporkan mengenai benjolan yang tak terdeteksi. Namun, hanya sebanyak 67 persen yang konsultasi ke dokter, sedangkan 77 persen-nya tidak menyadari bahwa tanda itu bisa jadi awal sebuah penyakit serius.

Batuk

Dalam kondisi cuaca dingin atau musim hujan, seseorang memang sangat rentan terserang flu termasuk batuk. Namun, jika batuk-batuk yang anda alami terus terjadi, bisa jadi itu indikasi sakit paru, kanker tiroid, atau limfoma. Ini merupakan gejala umum di antara para partisipan survei. “Kita tahu batuk dan deman bisa terjadi di mana saja dan menyerang siapa pun, dan tak selalu harus ditangani dokter”, kata Whitaker. Namun, lanjutnya, jika anda terus mengalami gejala ini dalam jangka waktu lama, atau tak biasa, jangan takut untuk segera konsultasi ke dokter.

Perubahan kebiasaan buang air

Dalam studi Whitaker, 18 persen orang mengalami perubahan dalam hal waktu, jumlah atau ukuran saat buang air. Jika gangguan ini diakibatkan oleh makanan atau pengobatan tertentu, dan terjadi secara rutin dalam jangka waktu lama, bisa jadi itu tanda kanker kolon.

Keluar darah saat buang air kecil

Pernahkah anda memperhatikan warna air kencing anda? Baik anda pria atau wanita, teruslah waspadalah, jika anda menemukan darah dalam air kencing atau merasakan sakit baiknya anda langsung konsultasi ke dokter. Hal itu bisa saja menjadi gejala kanker kandung kemih, ginjal, atau prostat.

Sakit tak jelas

Rasa sakit yang terus menerus dirasakan tubuh tanpa sebab jelas, bisa jadi merupakan tanda masalah dalam tubuh anda. Masyarakat Kanker Amerika mengatakan, bahwa rasa sakit dari kanker memang memiliki peluang besar mengalami penyebaran, bisa saja itu kanker tulang atau ovarium. Dan, lagi-lagi berdasarkan studi Whitaker, hanya sekitar 40 persen orang yang sadar terhadap rasa sakit itu sebagai masalah serius.

Sakit tenggorokan dalam jangka lama

Sakit tenggorokan memang lazim dialami oleh siapa pun, namun jika dialami terus menerus bisa jadi merupakan indikasi serius terjadinya kanker tenggorokan. Berdasarkan survei, sebanyak 78 responden tidak pernah berpikir bahwa kanker tenggorokan merupakan masalah serius.

Penurunan berat badan tiba-tiba

Laporan Masyarakat Kanker Amerika menjelaskan penurunan berat badan hingga 10 pon atau lebih bisa jadi tanda awal kanker. Biasanya, tanda ini terjadi pada gejala kanker pankreas, lambung, dan paru.

Pendarahan

Pendarahan dalam tubuh manusia bisa terjadi dalam bentuk apa pun, seperti batuk yang bisa jadi gejala kanker paru., atau darah yang keluar dari bokong bisa jadi indikasi kanker kolon. Sedangkan, para wanita yang mengalami pendarahan vagina tanpa sebab yang jelas, wajib memeriksakan diri ke dokter, karena bisa jadi itu pertanda kanker serviks. Pastikan, anda selalu waspada dengan perubahan yang tak biasa dari tubuh. Jangan sepelekan indikasi sekecil apa pun.

Sumber: ZERO.id

Salam